Dukungan Industri TIK untuk Atlet Esports SEA Games Kamboja

Billy Rifki
10/04/2023 22:58 WIB
Dukungan Industri TIK untuk Atlet Esports SEA Games Kamboja
press release

Menghadapi ajang-ajang keolahragaan multinasional dan bergengsi seperti SEA Games ke-32 Kamboja 2023 pada Mei mendatang tentu membutuhkan persiapan yang matang dan menyeluruh. Salah satu komponen kunci adalah infrastruktur teknologi yang andal serta mumpuni. Sadar akan hal tersebut, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) menggandeng para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari berbagai bidang dan spesialisasi, antara lain penyedia laptop dan gawai Agres.id, penyedia solusi jaringan dan internet Aruba Instant On, serta pemanufaktur perangkat elektronik Lenovo dalam mendukung program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) menuju prestasi tertinggi cabang olahraga esports pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Dalam sesi media talk yang digelar PB ESI dan menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo, Wakil Ketua Badan Tim Nasional SEA Games ke-32 Kamboja 2023 Christian Suryadi, Head of Sales Division Agres.id Andreas, Country Manager HPE Aruba Networking Indonesia Robert Suryakusuma, dan Consumer 4P and T1 Manager Lenovo Hendry Lim sebagai narasumber, berkembangnya esports sebagai cabang olahraga prestasi sekaligus industri yang bernilai ekonomi tinggi disebut turut mendapatkan perhatian dari seluruh ekosistemnya, termasuk pemerintah dan industri TIK.

Menurut Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo, perkembangan esports tidak lepas dari kolaborasi dengan seluruh ekosistem dan bahkan lintas industri. Kebutuhan akan infrastruktur TIK yang dapat menjawab tantangan industri yang kompleks dan multi-aspek, dari perangkat yang memadai, teknologi jaringan, keamanan siber, analitik data, hingga solusi-solusi cerdas lainnya merupakan segelintir peluang kerja sama yang dapat dijajaki dengan sektor swasta. Dalam menjalankan kegiatan Pelatnas sendiri, PB ESI berkomitmen menyediakan infrastruktur TIK terbaik agar dapat mencapai hasil maksimal di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

“Terima kasih dan apresiasi kami yang sebesar-besarnya kepada Agres.id, HPE Aruba Networking Indonesia, dan Lenovo yang telah membantu menyukseskan kegiatan Pelatnas SEA Games ke-32 Kamboja 2023, dan kami pun mengajak setiap pelaku industri TIK untuk turut mendukung keberlangsungan serta keberhasilan esports Indonesia pada masa depan dengan beragam solusinya yang termutakhir.”

 

Head of Sales Division Agres.id Andreas mengatakan, esports adalah salah satu cabang olahraga yang relatif mudah diakses. Kehadiran distributor laptop, ponsel, dan berbagai perangkat elektronik yang dapat diakses secara daring dan bersegmentasi gaming seperti Agres.id semakin menambah kemudahan tersebut, sehingga membuka peluang yang semakin lebar untuk calon-calon atlet esports masa depan.

“Naiknya permintaan terhadap perangkat-perangkat elektronik yang dapat menunjang kegiatan gaming dari kalangan penghobi hingga profesional merupakan sinyal yang positif terhadap masa depan olahraga esports. Agres.id mendukung pertumbuhan esports secara berkelanjutan di Indonesia melalui operasional bisnisnya, khususnya menghadapi SEA Games ke-32 Kamboja 2023 dalam waktu dekat.”

Menurut HPE Aruba Networking Indonesia, perangkat Aruba Instant On AP25 menjadi pilihan optimal untuk beban kerja gaming yang membutuhkan performa maupun reliabilitas tinggi, khususnya selama kegiatan Pelatnas berlangsung.

“Dengan fitur seperti Wi-Fi 6 CertifiedTM yang memiliki kecepatan maksimal transmisi data sebesar 5,3Gbps secara agregat, dukungan bandwidth 160MHZ, serta empat buah spatial streams (4SS), Aruba Instant On AP25 dapat memberikan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat, kapasitas yang lebih besar, dan mengurangi latensi untuk pengalaman Wi-Fi yang lebih baik.”

Consumer 4P and T1 Manager Lenovo Hendry Lim menutup diskusi dengan optimisme terhadap prestasi Indonesia di SEA Games ke-32 Kamboja 2023. “Lenovo melalui perangkat gaming mumpuni yakni Lenovo Legion mendukung terselenggaranya kegiatan Pelatnas dari awal. Kami mengucapkan salam sukses dan selamat bertanding kepada tim nasional esports Indonesia,” pungkasnya.