Owljan Paparkan Poin yang Perlu Diperhatikan Pro Player

Mallasak
04/05/2023 15:39 WIB
Owljan Paparkan Poin yang Perlu Diperhatikan Pro Player
General Manager Boom Esports Mazarian Sahita/ Owljan

General Manager Boom Esports Mazarian Sahita atau Owljan mengungkapkan beberapa tips yang harus diperhatikan bagi seorang pelaku esports yang ingin memiliki karir panjang pada industri tersebut. Owljan mengatakan semua orang dapat diganti dalam industri esports karena itu seorang pro player harus bersiap agar tidak cepat tergantikan.

Owljan mengungkapkan hal tersebut melalui postingan Instagramnya pada Rabu (3/05). Sampai berita ini dibuat kurang lebih terdapat 137 komentar yang meramaikan postingan tersebut.

Disamping itu Owljan menjelaskan, beberapa poin tersebut ia dapatkan berdasarkan pengalamannya telah berkecimpung selama delapan tahun di dalam industri esports. Owljan juga menjelaskan bahwa poin-poin tersebut hanya bersifat opini pribadinya.

"Tulisan ini hanya opini berdasarkan pengalaman gw selama bekerja lebih dari sat dekade di dunia esports, jadi belum belum tent benar adanya," tuturnya.

Manager Boom Esports Owljan 

Selain itu Owljan juga menanggapi beberapa pro player yang telah memutuskan pensiun dari industri esports. Menurutnya semua keputusan itu harus dipikirkan dengan mantang dan ia juga mendoakan agar para pro player yang memutuskan pensiun agar sukses dengan pilihan mereka tersebut.

"Untuk teman-teman yang menyudahi karirnya sebagai pro player karna alasan apapun. Semoga pengalamanmu di scene in tetap bisa menjadi sebuah hal yang dapat membantumu di kemudian hari," paparnya.

Owljan memberi judul pada postingan nya itu yakni "Sisi "gelap" dunia esports bagi seorang pemain esports kompetitif". Beberapa poin yang harus diperhatikan oleh pro player yang memutuskan untuk berkarir di industri esports adalah sebagai berikut.

  1. Direct competition: kalau kamu menang berarti yang lainnya kalah
  2. Everyone is replaceable: Siapapun, kapanpun bisa tergantikan. Apalagi di scene yang regenerasi playernya kenceng
  3. Consistent improvement is a must: Ngelakuin apa yang kamu lakuin secara konsisten itu tidak cukup. Yang harus konsisten itu perkembangannya. Artinya latianmu semakin hari akan semakin sulit
  4. Low job security: Kamu main bagus, management kamu mau serius invest di scene tersebut, eh scenenya tidak berjalan, harus ikhlas nerima kenyataan
  5. Short Time Span: yang ini debatable, tapi udah jadi rahasia umum "mekanik tua" alias penurunan performa itu sering terjadi. Padahal umur masih dibawah 30 tahun.