SMK Ristek Jaya Raih Perak di Liga Ekskul Akademi Garudaku OrtusEight

Billy Rifki
30/05/2023 22:28 WIB
SMK Ristek Jaya Raih Perak di Liga Ekskul Akademi Garudaku OrtusEight
press release

SMK Ristek Jaya Jakarta menerima penghargaan prestisius dalam bentuk medali perak pada Liga Ekskul Akademi Garudaku OrtusEight 2023, yang diselenggarakan oleh Akademi Garudaku, badan esports resmi di bawah naungan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). Medali tersebut diserahkan secara langsung oleh David Ananda, Head Production and Project Akademi Garudaku, kepada Sugeng Prayitno, S.ip, Kepala Sekolah SMK Ristek Jaya Jakarta, pada Kamis, 26 Mei 2023.

SMK Ristek Jaya Jakarta, dengan penerimaan medali ini, tercatat sebagai salah satu sekolah terkuat dalam ajang Liga Ekskul Akademi Garudaku OrtusEight 2023. Sekolah ini telah dua kali mendapat penghargaan sebagai runner-up dalam Liga Ekskul Akademi Garudaku OrtusEight 2023 pada tahun 2022 dan 2023.

Kompetisi Liga Esports Akademi telah berlangsung dari tanggal 21 Maret hingga 16 April 2023. Robertus Aditya S.Sos, M.H, M.Ikom, C.Ht, Kepala Program Akademi Garudaku, mengatakan, "Setelah melewati tahapan kompetisi dari Group Stage hingga Final Stage, SMK Wira Harapan (Bali) berhasil menjadi juara pertama, diikuti oleh SMK Ristek Jaya (DKI Jakarta) di posisi kedua dan SMAN 1 Bululawang (Malang, Jawa Timur) di posisi ketiga."

Aditya juga menambahkan bahwa juara 1 dan 2 mendapatkan Golden Ticket untuk Final Regional Liga Esports Pelajar 2023. Liga Esports Akademi diikuti oleh 33 sekolah yang tergabung dalam Akademi Garudaku.

David Ananda, sebagai Project Manager Liga Ekskul Akademi Garudaku OrtusEight 2023, menjelaskan bahwa skema pertandingan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. "Kami menggunakan sistem point dan mengambil best of 2 dari 40 tim yang berasal dari sekolah yang terdaftar di Akademi Garudaku. Melalui liga ini, kami juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menjadi caster untuk membangun pengalaman mereka di industri esports," ujarnya.

Sugeng Prayitno, S.ip, Kepala Sekolah SMK Ristek Jaya Jakarta, menyatakan dukungannya terhadap esports sebagai ekstrakurikuler di sekolah. "Esports adalah pilihan anak-anak dan harus diakomodir. Saya sangat mendukung ini dan berharap melalui esports anak-anak bisa berprestasi dan menjadi sarana kebersamaan. Sekolah mendukung setiap aktivitas siswa dan mendukung mereka agar menjadi juara," ungkap Sugeng.

Dengan adanya prestasi ini, SMK Ristek Jaya Jakarta berharap dapat terus menginspirasi dan mendorong para siswa untuk mencapai prestasi lebih lanjut dalam bidang esports dan bidang lainnya.