Penjualan Nintendo Switch Turun Dari Tahun ke Tahun

Mallasak
11/05/2023 17:48 WIB
Penjualan Nintendo Switch Turun Dari Tahun ke Tahun
Nintendo Switch

Bagi penikmat gim portable tentu saja Nintendo Switch patut dijadikan pilihan. Namun sayang, peminatnya kian berkurang sejak dua tahun terkahir.

Penjualan Nintendo Switch telah turun untuk tahun kedua secara berturut-turut dan diperkirakan penjualan Nintendo akan kembali mengalami penurunan lebih lanjut pada tahun depan.

Seperti dikutip dari IGN pendapatan keuangan terbaru perusahaan, hanya mampukah menjual Nintendo Switch sebanyak 17,97 juta unit pada tahun keuangan 2022/23. Tentu saja, angka tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 23,06 juta 2021/22 dan puncak 2020/21 sebesar 28,83 juta unit.

Berbanding terbalik, gim konsol ternyata masi diminati oleh kalangan gamer, hingga saat ini gim jenis konsol sudah terjual total 125 juta unit, angka ini naik sedikit dari angka yang diumumkan pada bulan Februari yang membuatnya menjadi konsol terlaris ketiga sepanjang masa.

Penurunan angja penjualan Nintendo Switch mengalami penurunan pada saat memasuki tahun ketujuh di pasar setelah dua tahun penurunan. Bahkan penjualan Nintendo diperkirakan akan semakin mengalami penurunan lebih lanjut dalam penjualan yang ada pada tahun keuangan 2023/24 dengan memperkirakan hanya 15 juta penjualan saja.

Nintendo Switch
Dengan adanya penurunan jumlah penjualan maka Pihak Nintendo Switch mengetahui betul bahwa keuntungan mereka juga akan berkurang.

"Untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2024, kami memperkirakan penurunan penjualan dan keuntungan bersih karena pengurangan penjualan unit perangkat keras dan perangkat lunak Nintendo Switch, serta nilai tukar yang diasumsikan memiliki yen yang dihargai dibandingkan dengan tahun fiskal yang berakhir Maret 2023," ungkapnya.

Pada sisi lain, pihak Nintendo juga mengharapkan adanya penambahan jumlah penjualan. Menurut mereka hal tersebut bisa terwujud bila para konsumen dapat bermain Nintendo Switch dengan durasi yang lebih lama. Pihaknya yakin bila para gamer menambah jumlah mereka bermain Nintendo Switch maka akan menjadi titik balik kebangkitan penjualan.

"Nintendo Switch telah memasuki tahun ketujuh sejak diluncurkan, dan sementara itu akan menjadi lebih menantang untuk mempertahankan momentum penjualan yang sama seperti sebelumnya, tujuan kami adalah agar lebih banyak konsumen terus bermain Nintendo Switch lebih lama, yang mengarah ke penjualan yang dimaksimalkan," paparnya.

Beberapa gim yang disajikan dalam Nintendo Switch juga cukup populer, seperti Metroid Prime: Remastered telah terjual satu juta kopi sejak diluncurkan pada bulan Februari, dan Splatoon 3 menindaklanjuti peluncurannya yang mengesankan untuk menjual lebih dari sepuluh juta unit sementara Pokémon Scarlet dan Violet kini telah melewati tonggak sejarah 20 juta unit.