PBESI Ungkap Akan Kirim Atlet ke ASEAN Para Games Selanjutnya

Mallasak
05/06/2023 12:20 WIB
PBESI Ungkap Akan Kirim Atlet ke ASEAN Para Games Selanjutnya
Credit: Kemenpora

Pada tahun ini Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku induk resmi organisasi esports belum bisa mengirimkan atlet untuk berpartisipasi pada ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja yang digelar mulai tanggal 4-5 Juni. Kepala Staf Kesekjenan PB ESI Bambang Moegono mengatakan, pihaknya siap untuk mengirimkan atlet pada ajang ASEAN Para Games mendatang.

Rencananya, ASEAN Para Games Selanjutnya akan diadakan di Nakhon Ratchasima, Thailand mulai dari tanggal 20-26 Januari 2026 bertempat di 80th Birthday Stadium. Bambang mengatakan pihaknya berkotmitmen untuk berpartisipasi dalam turnamen esports yang inklusif.

"Di thailand nanti Indonesia akan turut serta. Kalau tentang 2023 ASEAN Para Games, PB ESI menyambut positif karena selaras dengan misi menjadikan esports sebagai bidang yang inklusif," ucapnya kepada esports.id melalui pesan singkat pada Minggu (4/06/2023).

Bambang menjelaskan, PBESI juga sudah menunjukan komitmen mereka dalam menghadirkan esports yang inklusif seperti pada saat menggelar ekshibisi Para Esport di Bali 2022 lalu.

12th ASEAN Para Games 2023
"Seperti yang disampaikan oleh Sekjen PBESI pada saat menggelar ekshibisi Para Esports di Bali tahun lalu, Sekjen menegaskan bahwa esports adalah cabang olahraga yang inklusif dan terbuka," ucapnya.

Pihaknya memastikan bahwa seluruh masyakarat dapat memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam ajang esports baik nasional dan internasional.

"Salah satu agenda PBESI adalah memberikan kesempatan kepada semua potensi, termasuk masyarakat dengan kemampuan dan kecakapan yang berbeda/difabel, untuk berkesempatan mengembangkan kompetensinya di bidang esports melalui kegiatan-kegiatan esports di tanah air dan mancanegara," paparnya.

Pada bagian lain Bambang menjelaskan, pihaknya belum bisa mengirimkan atlet untuk SEAN Para Games 2023 di Kamboja karena masi dalam tahap ekhsibisi. Bambang memaparkan, keputusan terkait mengirimkan atlet tidak dalam kewenangan PBESI. Bambang menjelaskan kewenangan keputusan pemberangkatan ada pada pemerintah.

"Di kamboja ini masih ekshibisi," ucapnya.

Untuk diketahui, Terdapat empat negara yang ikut serata dalam ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja yakni diantaranya, Kamboja, Thailand, Filipina dan Malaysia. Untuk cabor esorts sendiri gelaran tersebut dimulai sejak kemarin 4 Juni hingga 5 juni 2023.