Tips Basic Main TFT Mobile ala Yotalogy

Billy Rifki
29/01/2024 13:52 WIB
Tips Basic Main TFT Mobile ala Yotalogy
Esports.id interview, Yota

Teamfight Tactics (TFT) adalah game autobattler yang cukup kompleks. Banyak pemain pemula dan pemain baru dari game autobattler sejenis yang merasakan sulitnya memenangkan sebuah game di TFT.

Tidak ada yang pasti di TFT, karena banyak faktor yang menentukan kemenangan dan kekalahan kita melawan pemain lain di game. Dengan sistem battle royale, yang terpenting di TFT adalah bertahan hidup di dalam game sampai akhir.

Untuk memenangkan sebuah game di TFT, kita tidak mesti menjadi juara 1. Menjadi pemain yang finis di posisi 4 besar (Top 4) sudah dianggap sebagai kemenangan di TFT, dengan berbagai macam faktor yang bersifat acak (random).

Tentunya, memaksimalkan hal-hal yang kita dapatkan atau pilih di TFT jauh lebih penting daripada mengharapkan keberuntungan semata untuk datang ke kita.

Esports.ID telah bertanya kepada salah satu pakar TFT Indonesia yakni Yota (@yotalogy) untuk tips dasar main TFT yang bisa dipraktekan pemula. Berikut adalah beberapa tips penting untuk menjadi pemain TFT yang lebih baik.

Utamakan ekonomi

Gold dan health adalah 2 sumber daya utama di TFT. Tanpa gold, kita tidak bisa membeli unit, reroll atau refresh unit di shop, dan naik level. Sedangkan health tentunya untuk tetap bertahan hidup di game.

Punya gold banyak di awal yang kita bisa dapatkan dengan sistem interest (bunga) dan win/lose streak, bakal sangat membantu kita buat transisi ke mid game dan late game.

Pada umumnya, kita gunakan gold untuk membeli unit dengan cost lebih tinggi, atau upgrade unit ke bintang 2 atau 3. Jadi, sebisa mungkin hindari reroll di Stage 2 (kecuali bermain trait seperti Punk, misalnya), kumpulkan gold sebanyak mungkin sampai Stage 3, setelah itu manfaatkan untuk naik level atau reroll, tergantung komposisi atau trait yang kamu ingin mainkan.

Idealnya, kita ingin memiliki minimal 30 gold di tangan pada stage 2 dan 3, supaya di stage 4 dan 5 kita bisa memaksimalkan pendapatan kita untuk naik level, mencari unit cost tinggi atau reroll unit bintang 3 yang kita punya.

Pentingnya kombinasi item yang tepat

Sepanjang game berlangsung, kita akan mendapatkan komponen-komponen item yang sifatnya random. Komponen ini bisa kita gabungkan dengan komponen lainnya untuk membuat sebuah item.

Ada banyak sekali kombinasi item yang kita bisa buat dari gabungan komponen ini. Pada umumnya, komponen bisa kita bagi kategorinya ke item damage fisik atau AD, item damage magic atau AP, item attack speed, item tank buat armor yang mengurangi damage fisik dan magic resistance buat mengurangi damage magic, item support buat memberikan buff ke tim sendiri atau efek minus ke tim musuh.

Pada umumnya, kita bisa menentukan item yang ingin kita buat dari komponen yang kita dapatkan di stage awal. Kita juga bisa mencari komponen item yang diperlukan pada ronde carousel untuk melengkapi komponen item kita.

Item yang sudah kita masukkan ke dalam sebuah unit tidak dapat dipindahkan ke unit lainnya, kecuali dengan cara menjualnya atau dengan item Magnetic Remover yang kita dapatkan secara acak.

Salah satu strategi untuk memaksimalkan item di TFT adalah dengan strategi “item holder”, yaitu menggunakan unit cost rendah untuk memakai item yang sudah kita gabungkan, lalu menjualnya ketika kita sudah mendapatkan unit yang kita inginkan dan memindahkan item ke unit tersebut.

Memahami kekuatan dan kelemahan komposisi

Prinsip TFT adalah mengkombinasikan unit/karakter yang memiliki sinergi yang sama dalam sebuah komposisi untuk mengaktifkan kekuatan mereka dan memperkuat board kita.

Contohnya, untuk memaksimalkan trait Punk, kita perlu star up unit-unit Punk seperti Jinx dan Pantheon ke bintang 3, lalu memasukkan item damage fisik seperti Infinity Edge atau Deathblade ke Jinx, serta item tank seperti Warmogs atau Steadfast Heart ke Pantheon.

Untuk memaksimalkan odds (persentase keberhasilan) mendapatkan Jinx dan Pantheon bintang 3, kita perlu reroll di level 5 dan 6 dan menjaga gold sekitar 20 sampai 30 gold agar interest tetap terjaga.

Namun, cara bermain Punk tidak sama dengan ketika kita bermain Pentakill. Karena unit-unit Pentakill pada umumnya adalah unit cost 3 dan 4, kita ingin menjaga gold untuk naik ke level 7 dan 8 untuk mencari Karthus, Mordekaiser dan Viego bintang 2.

Cobalah untuk memainkan 1 atau 2 komposisi terlebih dahulu untuk memahami kekuatan dan kelemahan masing-masing komposisi, serta kombinasi item yang dibutuhkan untuk unit-unit pentingnya. Untuk pemula, cobalah memainkan komposisi Punk/Emo dan Spellweaver Annie.

Mencari playstyle yang tepat

Pada umumnya, playstyle di TFT dibagi ke tiga jenis: Reroll, Standard, dan Fast 8/9.

Jika kamu senang membuat unit-unitmu bintang 3 secepat mungkin, kamu akan cocok bermain tipe reroll.

Untuk memaksimalkan playstyle reroll, kamu perlu mengumpulkan gold sebanyak mungkin di stage 2, dan mulai mencari unit bintang 3 yang kamu inginkan di stage 3 dengan cara reroll shop di stage 3 di level 5 atau 6. Ketika kita sudah mendapatkan unit bintang 3 yang diinginkan, kita gunakan gold untuk level up ke 7 dan 8 dan perkuat board kita dengan unit cost 4 dan 5.

Ada beberapa komposisi reroll di TFT Set 10 seperti Punk/Emo, Spellweaver Annie, atau EDM Mosher Jax.

Playstyle Standard adalah mengumpulkan gold untuk naik level tanpa reroll hingga mencapai level 7 di stage 4-2 dan level 8 di stage 5-2 untuk mencari unit cost 3, 4, dan 5. Biasanya, kita ingin mengisi board kita dengan unit cost tinggi sebanyak mungkin dan mengaktifkan sinergi yang dimiliki unit cost tinggi tersebut. Contohnya seperti Pentakill Karthus + Akali untuk mengaktifkan sinergi 2 Executioner, atau Country Samira + Urgot bintang 3.

Sedangkan playstyle Fast 8/9 adalah strategi untuk menaikkan level board kita ke level 8 dan 9 secepat mungkin sebelum pemain lain dapat mencapai level tersebut. Strategi ini memungkinkan kita untuk mendapatkan unit cost 4 & 5 secepat mungkin dan memenangkan pertarungan dari kekuatan serta jumlah unit di board.

Untuk mencapai level 8 secepat mungkin, pada umumnya kita memerlukan augment yang menambah pendapatan gold atau mengurangi exp yang dibutuhkan untuk naik level.

Follow TikTok @yotalogy untuk ilmu dan tips seputar TFT lainnya.