Katanya Smartphone Terbaik 2024? Esports.ID Uji Seberapa GG POCO X6 Pro

Billy Rifki
05/02/2024 12:10 WIB
Katanya Smartphone Terbaik 2024? Esports.ID Uji Seberapa GG POCO X6 Pro
Esports.ID

POCO melancarkan manuver gesit di awal tahun dengan merilis smartphone mid range yang menghebohkan. Dilabeli X6 Pro, varian lanjutan dari POCO X5 yang beredar 2023.

Lantas, apa yang membuat HP satu ini banyak dibilang "merusak pasar", "bikin HP lain ga laku", atau menggunakan istilah POCO "harga EXTREME, spesifikasi EXTREME!". Dalam satu acara ulang tahun POCO yang ke-3, Esports.ID berkeluh kesah kepada Bang Fayad, salah satu "antek" POCO paling berdedikasi. Kebetulan, jurnalis yang tersedia saat itu kekurangan fasilitas untuk meliput, menangkap dokumentasi dan alat serbaguna guna membuat konten. Dengan kata lain, Esports.ID butuh HP baru. Bang Fayad langsung merekomendasikan POCO X6 Pro. Tak selang lama, Esports.ID dapat kiriman produk tersebut dari POCO untuk dijajal seberapa GG performanya. Apakah benar kata orang-orang tentang kehandalan smartphone satu ini?

Berikut ulasan lengkap POCO X6 Pro dari Esports.ID

- Fitur- fitur

POCO X6 Pro menggunakan System on Chip (Soc) Dimensity 8300-Ultra. Dari hasil penulusuran benchmark prosesor ini, skor yang didapat menggunakan AnTuTu rata-rata di angka 1.4 Jutaan.

RAM yang dikantongi 12 GB dengan memori 512 GB. Terbilang mencengangkan kalau dilihat dari harga dan segmen yang ditawarkan. Plus, OS yang disematkan menggunakan OS baru yakni HyperOS, smartphone pertama dari POCO yang menanggalkan MIUI. Kalau ditanya apakah makin keren pakai OS baru? Sebenarnya sesuai selera, bagi pengguna HP POCO sebelumnya mungkin cuma butuh sedikit adaptasi interface. Namun, disebutkan kalau HyperOS memberikan pengoptimalan performa dan beberapa peningkatakan interface dibanding OS sebelumnya.

Yang buat heboh publik dari HP ini adalah spesifikasi yang disebutkan tadi melampaui seri POCO F yang notabene satu kelas di atas seri X. Sebagai contoh seri F terakhir adalah POCO F5. Dengan Harga 5 juta ke atas, POCO F5 memiliki opsi memori 12GB Ram + 256GB Memori atau 8 GB + 256 GB Memori. Ini menunjukan POCO X6 Pro ada keunggulan tipis.

Lalu bagaimana dengan layar? X6 Pro menggunakan Layar 1.5k AMOLED 120 Hz dengan detil sebagai berikut: CrystalRes 120Hz Flow AMOLED 6.67″ , Resolusi 1.5k (2712 x 1220 piksel), Gorilla Glass 5. Memang terlihat saat HP ini digunakan, layarnya lebih cerah dan tajam. Salah satu nilai jual layar produk ini adalah daya dukung refresh rate 120Hz. Bagi gamer, layar yang smooth dan tidak patah-patah sangat penting demi kepuasan dan kenyamanan bermain. Tak cuma itu, di layar ini juga sudah mendukung ray tracing jadi untuk memainkan berbagai game berat versi mobile sudah sangat mumpuni.

Meski tak difokuskan untuk jadi HP gaming, namun POCO X6 Pro sadar betul kemampuan gaming yang mumpuni sangat dibutuhkan konsumen. Maka dari itu, disematkan pula fitur game turbo yang berfungsi mengoptimalisasi tampilan visual sampai pemakaian data.

HP ini juga dilengkapi Memory Extension 3.0 untuk penambahan RAM serta sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0 yang identik dengan sistem cooler di POCO F5. Untuk urusan baterai, X6 Pro mengantongi baterai berkapasitas 5.100 mAh dengan kelengkapan charger fast charging 67 watt. Diklaim POCO X6 Pro mampu mengisi daya dari 0% ke 100% hanya dalam waktu 45 menit. Tenaga POCO X6 Pro diklaim mampu bertahan 19 jam untuk nonton video, 50 jam untuk mendengarkan music dan 29 jam untuk menelpon. Esports.ID sendiri menguji baterai POCO X6 Pro dengan push rank TFT (Teamfight Tactic) untuk menguji pemakaian baterai POCO X6 Pro. HP ini mampu bertahan mulai dari jam 11:30 siang sampai 18:00 sore non-stop atau kurang lebih 7,5 jam untuk pemakaian game.

Untuk urusan kamera, POCO X6 Pro menyematkan tiga kamera belakang yang terdiri dari 1 kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2MP plus flashlight. Untuk kamera depan, di bagian Tengah atas tersemat kamera 16 MP. Untuk hasil jepretan kamera POCO X6 Pro bisa kalian lihat di gambar berikut.

Berlanjut ke performa suara, speaker ganda Dolby Atmos POCO X6 Pro sejatinya tak menawarkan suara yang menggelegar banget, cenderung standar namun cukup untuk kebutuhan pengguna. Untuk materialnya, POCO X6 Pro sudah mendapat sertifikasi IP54 alias tahan air dan debu. Perlu dinote kalua air yang dimaksud berupa cipratan bukan sepenuhnya tenggelam dalam air ya. Varian POCO X6 Pro tersedia dalam warna kuning ikonik POCO, hitam dan juga abu-abu.

Dalam paket penjualan kalian akan mendapatkan charger, casing pelindung, buku manual dan garansi. Terbilang cukup lengkap untuk produk yang sudah sangar nan terjangkau ini. POCO X6 Pro dibanderol dengan harga Rp 4,7-4,9 jutaan saja. Wajar kalua HP ini dibilang ngerusak pasar dan matiin rejeki brand lain.

Kesimpulannya, POCO X6 Pro ini sudah jadi HP sempurna untuk segala aktifitas harian. Kemampuan mesin termutakhir, kuat diajak gaming, handal untuk urusan fotografi maupun konten-konten dan pastinya terjangkau.

Sobat Esports yang mau ganti HP mending langsung cari deh POCO X6 Pro ini sebelum jadi barang gaib!