Pakar Teknologi Klaim PlayStation 5 Tidak akan Sanggup Jalani Grand Theft Auto 6 dengan Lancar

Aldodanoza
22/03/2024 03:31 WIB
Pakar Teknologi Klaim PlayStation 5 Tidak akan Sanggup Jalani Grand Theft Auto 6 dengan Lancar

Sudah tidak asing lagi melihat PlayStation 5 garapan Sony yang diklaim memiliki chipset dengan spesifikasi setara dengan Nvidia GeForce RTX 2070, amat mungkin Grand Theft Auto 6, game terbaru yang akan rilis pada 2025 tidak akan bisa berjalan seperti semestinya di konsol current-gen. Spesifikasi setara dengan PC gaming yang rilis pada 2020 ini pun bisa dibilang akan 'ngos-ngosan' dalam memainkan game terbaru garapan Rockstar Games.

Hal tersebut diklaim langsung oleh pakar teknologi dari Digital Foundry, dimana mereka menganalisa spesifikasi yang ada di PlayStation 5 seperti chipset yang memiliki daya hingga 10.28 teraflop di kualitas tinggi nan overclock pun, tidak mungkin bisa menjalankan Grand Theft Auto 6 di 60 FPS, dan bahkan di 30 FPS pun tidak akan se-stabil yang kamu kira.

Namun bantahan dari Digital Foundry ini pun bisa saja dibantah balik bila Sony mulai mengumumkan PlayStation 5 Pro dengan spesifikasi yang lebih tinggi hingga 17 teraflop. Meski demikian demi bisa mencapai hingga 60 FPS di Grand Theft Auto 6, setidaknya membutuhkan hingga 33.5 teraflop dengan output ray tracing yang setara dengan versi trailer dari game tersebut.

Tak hanya itu, fakta terkait PlayStation 5 yang tidak akan sanggup jalani Grand Theft Auto 6 pun diumumkan oleh Leadbetter, di PlayStation 5 Pro pun, Grand Theft Auto 6 tidak akan berjalan semulus yang kamu kira yang mana bila chipset lebih tinggi pun hanya akan memberikan performa lebih besar hingga 10 persen. Sony memang memiliki pasar yang berbeda dimana versi PlayStation 5 Pro ini hanya akan ditujukan untuk permainan di resolusi 8K, demi promosikan kualitas dari TV yang Sony garap.

PlayStation 5 Pro akan rilis pada akhir 2024 ini, tepatnya pada November yang masih menjadi rumor. Konsol ini memiliki RAM hingga 16GB GDDR6, serta tambahan RAM hingga 1,2GB untuk keperluan developing game. Karena kehadiran seri terbaru Grand Theft Auto 6 ini, Sony klaim tidak akan menggarap game pihak pertama mereka hingga April 2025 demi memberikan jeda untuk menggarap game seperti sekuel God of War, maupun Marvel's Spider-Man di lain tahun.