PBESI dan Garudaku Kerja Sama dengan Pemerintah AS untuk Sports Visitors Program 2024

Aldodanoza
28/03/2024 10:10 WIB
PBESI dan Garudaku Kerja Sama dengan Pemerintah AS untuk Sports Visitors Program 2024

Akademi Esports resmi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), dan Akademi Garudaku mendapatkan kesempatan istimewa untuk berpartisipasi dalam Sports Visitors Program 2024, yang merupakan program pertukaran yang diselenggarakan oleh The U.S Department of State dan North America Scholastic Esports Federation sebagai mitra pelaksana, dengan melibatkan kedutaan besar dan konsulat Amerika Serikat di seluruh dunia.

Undangan khusus untuk berpartisipasi pada Sports Visitors PRogram 2024 dari The U.S Department of State kepada Akademi Garudaku ini bertujuan untuk saling bertukar pengalaman, serta pengetahuan tentang program pembinaan talenta esports secara strategis, nan komprehensif, khususnya di Indonesia.

Selama berpartisipasi pada Sports Visitors Program 2024, Akademi Garudaku pun berkesempatan mendapatkan pengetahuan tepat guna mengenai manajemen industri olahraga, di antaranya pengelolaan penyelenggaraan kompetisi olahraga, pengembangan keterampilan, kepemimpinan, keterlibatan komunitas dalam pengembangan industri, serta peningkatan inklusivitas dalam industri.

Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. selaku Ketua Harian PBESI Komisaris Jendral Polisi melihat program ini sebagai bentuk kerja sama yang positif bagi pengembangan kompetensi esports di masing-masing negara. Bagi PBESI, pengembangan kompetensi talenta esports, termasuk dari kalangan dunia pendidikan maupun masyarakat umum yang berada di seluruh penjuru tanah air, merupakan bagian kritikal dan terintegrasi dalam desain besar esports nasional yang bermuara pada keberadaan Indonesia sebagai salah satu kekuatan esports di kancah internasional.

"PBESI terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi esports Indonesia melalui pendekatan strategis, salah satunya adalah sinergi dengan ekosistem pendidikan yang kami yakini mampu mencetak talenta-talenta esports yang tidak hanya piawai dalam berkompetisi esports, namun juga cerdas, memiliki wawasan yang luas, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan esports Tanah Air sesuai dengan talenta masing-masing," jelas Bambang.

Joshua Shen selaku U.S Consulate Public Affairs Officer meyakini bahwa Sports Visitors Program 2024 dapat menjadikan Indonesia sebagai sentra esports dunia dalam hal pengembangan talenta-talenta muda.

"Esports dapat mempertemukan generasi muda dari berbagai wilayah untuk berkompetisi dengan menjunjung sportivitas tinggi. Kami meyakini bahwa esports dapat memberikan kontribusi besar bagi ekonomi kreatif muda," jelas Joshua.

Sementara itu, Robertus Aditya Pratomo Putro, S.Sos., M.H., M.Ikom., C.Ht, selaku Kepala Akademisi Garudaku menyampaikan apresiasi kepada pemerintah AS terkait dengan partisipasi Akademi Garudaku dan peluang pengembangan kerja sama di masa mendatang.

"Kami mendapatkan banyak pengetahuan baru dari Sports Visitors Program 2024. Kunjungan ke universitas dan stadion ternama di AS, serta 15 kelas diskusi yang kami ikuti mengenai pengelolaan kompetisi olahraga serta peningkatan inklusivitas dalam industri olahraga, sangat bermanfaat dalam memperkaya wawasan kami dalam pengembangan talenta esports tanah air. Harapan kami, Sports Visitors Program 2024 menjadi awal bagi Indonesia dan AS untuk berkolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan talenta-talenta esports di Indonesia," jelas Robertus.

Program kolaborasi antara Indonesia dengan AS akan diawali dengan program pengembangan esports di 9 American Corner di Indonesia. Kedepannya, program tersebut akan diupayakan untuk diimplementasikan dalma bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Harapannya, peserta yang mengikuti program tersebut dapat ikut serta di Liga Esports Nasional Mahasiswa 2024 yang rencananya akan berlangsung pada Maret - Mei 2024.