Dark Souls 2 Tutup Layanan Online Multiplayer pada 31 Maret 2024 untuk Platform Konsol Retro

Aldodanoza
17/03/2024 06:05 WIB
Dark Souls 2 Tutup Layanan Online Multiplayer pada 31 Maret 2024 untuk Platform Konsol Retro

31 Maret 2024 menjadi hari terakhir era Dark Souls untuk konsol retro PlayStation 3, dan Xbox 360, karena Bandai Namco dan FromSoftware umumkan penutupan layanan online multiplayer yang membuat pemain dapat memberikan Sign, membantu teman, maupun invasi musuh serta bertransaksi dan berinteraksi dalam game.

Sebagai game bergenre Soulslike yang underrated dan memiliki ulasan yang berbeda ketimbang seri lainnya di trilogi Dark Souls, game dengan grafis apik di konsol PlayStation 3 maupun Xbox 360 ini masih tetap populer hingga 2024 ini. Namun patut disayangkan informasi ini akan menutup seluruh akses online untuk komunitas Dark Souls yang masih memainkannya di konsol pendahulunya PlayStation 4 maupun Xbox One.

Tapi tenang saja, untuk versi PC dan konsol PlayStation 4 maupun Xbox One tetap bisa memainkan game tersebut secara online. Namun menjadi kabar buruk bagi pemain yang hanya bisa memainkan game Dark Souls di konsol retro, karena demi bisa memainkan online multiplayer Dark Souls sudah diwajibkan untuk upgrade perangkat.

Hingga pertengahan Maret 2024 ini, Dark Souls 2 masih memiliki playerbase yang besar meski game tersebut tidak sepenuhnya cross-platform untuk konsol last-gen seperti PlayStation 4 maupun Xbox One. Game Dark Souls 2 pun dianggap oleh komunitas sebagai kambing hitam karena gameplay yang tidak semenarik seri pertama maupun seri ketiga. Salah satu alasannya adalah kreator Dark Souls, yakni Hidetaka Miyazaki tidak terlibat dalam penggarapan ini.

Sekarang, FromSoftware tetap membangun komunitas dari beberapa game Soulslike yang rilis dan marak di 2024 ini. Di antaranya Dark Souls Remastered, Bloodborne, Sekiro: Shadows Die Twice, serta Elden Ring yang akan mendapatkan DLC terbarunya pada 21 Juni 2024 bertajuk Shadow of the Erdtree. Game yang sempat menjadi Game of the Year 2022 dan 2023 tersebut sukses berkat keterlibatan Hidetaka Miyazaki, serta novelis dan sutradara dari serial TV HBO Game of Thrones, George R.R. Martin.