Kronologi Riot Games Batalkan Gugatan Kasus Plagiarisme Moonton Games

Aldodanoza
02/04/2024 15:40 WIB
Kronologi Riot Games Batalkan Gugatan Kasus Plagiarisme Moonton Games

Setelah berbagai proses yang dijalani, Riot Games secara formal telah menghentikan gugatan kepada Moonton Games terkait kasus plagiarisme dan HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) karena debut Mobile Legends: Bang Bang pada 2 April 2024 ini. Menurut Moonton Games, kedua pihak tersebut sudah bersepakat setelah beberapa ronde pembicaraan, dan akhirnya memutuskan untuk menempuh jalur damai.

Raksasa di dunia gaming MOBA dan satu underdog tersebut memiliki banyak konflik setelah debut pertama Mobile Legends pada 2017 lalu, dimana Riot Games sempat menang melawan Moonton di tahun tersebut karena Mobile Legends memiliki kemiripan dari berbagai aspek dengan game MOBA miliknya, yakni League of Legends. Kemenangan tersebut tidak sukses di meja hijau Tiongkok, namun pihak Google pun mengincar Moonton Games dan ikut menempuh jalur hukum, namun Moonton Games sudah menutup Mobile Legends lebih awal untuk menghapus jejak.

Lalu, Moonton Games kembali hadir dengan game debut dengan embel revival dari Mobile Legends, dengan tajuk Mobile Legends: Bang Bang. Mekanisme terkait pasar dan pembuatan konten untuk game tersebut serupa dengan game milik Riot Games, hingga pada 2022 lalu, Riot Games melucuti serangan terbarunya untuk menghentikan tirani Moonton Games yang diklaim merupakan plagiarisme dari konten League of Legends.

Gugatan terkait plagiarisme dan HaKI tersebut diklaim oleh Riot Games memiliki kemiripan dengan League of Legends: Wild Rift, game MOBA mobile terbaru yang dirilis oleh Riot Games pada 2020 lalu. Namun kasus tersebut tidak diproses oleh hukum di Amerika Serikat, dikarenakan kasus tersebut lebih cocok untuk dijalankan di Tiongkok, bersamaan dengan induk perusahaan dari Riot Games yakni Tencent Games.

2024 menjadi akhir dari kasus tersebut dimana Riot Games secara formal menghentikan gugatan kepada Moonton Games.

Riot Games adalah developer dan publisher asal Amerika yang didirikan sejak 2006. Game pertama yang mereka rilis adalah League of Legends pada 2009 yang bisa dimainkan di PC, sementara versi mobile yakni Wild Rift, game berbasis CCG Legends of Runeterra, serta game berbasis FPS VALORANT rilis pada 2020.

Moonton Games di lain hal, adalah developer dan publisher asal Shanghai, Tiongkok yang terkenal dengan game MOBA mobile miliknya, yakni Mobile Legends yang digarap sejak 2014, dan rilis di 2016. Mobile Legends: Bang Bang, seri terkini tersebut adalah piawai dari MOBA mobile yang bisa dimainkan di Android maupun iOS, dengan beberapa game genre beragam yang dipublikasi oleh Moonton Games.