Esports

Bali Jadi Juara Game Battle of Guardians di PON Aceh-Sumut XXI 2024!

Billy Rifki
17/09/2024 19:49 WIB
Bali Jadi Juara Game Battle of Guardians di PON Aceh-Sumut XXI 2024!
press release, youtube PBESI

Setelah dua hari penuh pertarungan sengit, I Gede "Joddz" Trianadari dari Provinsi Bali berhasil merebut medali emas di cabor eksibisi esports Battle of Guardians PON Aceh - Sumut 2024! Pertarungan seru di panggung utama mempertemukan Joddz dengan petarung terbaik dari DKI Jakarta yakni Mohammad Safei "Kays". Laga ini bukan cuma mempertaruhkan medali emas tapi juga gengsi provinsi terbaik di adu mekanik Battle of Guardians

Bali berhasil keluar sebagai juara dengan skor kemenangan sempurna di Grand final. Provinsi Bali mengalahkan Provinsi DKI Jakarta dengan skor 4-0, meraih emas Battle of Guardians di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Perjalanan Joddz terbilang mulus selama penyisihan tanpa turun ke lower bracket dan berhasil taklukkan lawan-lawannya termasuk Kays di babak final. 


I Gede "Joddz" Trianadari. Source: Youtube PBESI

Sementara itu, tuan rumah Sumatera Utara harus terhenti di hari pertama setelah dikalahkan oleh Kalimantan Barat pada lower bracket yang berhasil menempati posisi ketiga. Meski gagal melaju ke grand final, Kalimantan Barat tetap memberikan performa terbaik mereka sepanjang turnamen dan memberikan perlawanan berarti terhadap DKI Jakarta dengan skor akhir 2-3. Atas hasil ini, Bali berhasil mengukir sejarah dengan menjadi juara yang pertama di ekshibisi PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk Pertandingan Battle of Guardians.

Sebagai penutup acara, Alexander Halim, CEO Battle of Guardians (BOG) menyampaikan harapannya terkait eksibisi ini. “Eksibisi ini bukan hanya sekadar perayaan kompetisi, tetapi juga langkah awal dalam membangun ekosistem esports yang lebih kuat di Indonesia. Kami berharap, melalui partisipasi di PON XXI, Battle of Guardians dapat terus hadir di berbagai kompetisi esports tidak hanya tingkat nasional dan internasional, serta menjadi bagian penting dari pertumbuhan industri ini. Kami berharap PON menjadi salah satu langkah untuk dapat mendorong bangkitnya industri dan gim tanah air,” ucapnya

Babak playoff kali ini menggunakan sistem double elimination bracket. Pertandingan di upper bracket menggunakan sistem best-of-three, sedangkan di lower bracket menggunakan sistem best-of-one. Pemenang turnamen ditentukan di babak grand final dengan sistem best-of-five.

Selain gelar juara dan medali, para pemenang membawa pulang total hadiah sebesar Rp 50,000,000. Seluruh pertandingan dapat disaksikan kembali melalui kanal Youtube Official PB Esports Indonesia untuk menyaksikan aksi-aksi seru sepanjang turnamen.

Turnamen esports Battle of Guardians antar provinsi yang menjadi bagian dari PON XXI Aceh-Sumut resmi berakhir pada Selasa, 17 September 2024. Ekshibisi Battle of Guardians bukan cuma menjadi wadah bagi atlet daerah menunjukan talenta mereka tapi juga dukungan dari pemerintah dan komunitas terhadap perkembangan game lokal tanah air.

Turnamen esports di PON XXI Aceh- Sumut secara resmi didukung oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas esports lokal telah membantu menyukseskan dan menyemarakkan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Untuk informasi lebih lanjut dan detail resmi terkait turnamen ini, dapat diakses melalui akun Instagram @battleofguardians atau situs www.battleofguardians.com.