Eksibisi PON Esports

Tak Cuma India, PUBG Mobile Juga di Banned di Negara Ini!

Billy Rifki
10/12/2020 14:43 WIB
Tak Cuma India, PUBG Mobile Juga di Banned di Negara Ini!
sportskeeda.com

PUBG Mobile adalah salah satu game primadona di kawasan Asia. Banyak pemain esports yang lahir dari game ini, pun dengan jumlah pemain bejibun. Di bulan yang sama tahun lalu, PUBG Mobile sudah di download 600 juta pemain.

Sayangnya, tak semua wilayah Asia menerima PUBG Mobile dengan tangan terbuka. Ini disebabkan pendapat penduduk setempat yang mengatakan banyak hal negatif akibat  game satu ini.

Yamisok Nobar

Misalnya, di India ada banyak kejadian aneh yang katanya efek buruk bermain PUBG. Ada kasus remaja yang diam-diam menghabuskan tabungan orangtuanya senilai 1,6 juta Rupee atau 300 juta Rupiah, ada juga pria yang diduga kecanduan PUBG Mobile sampai stroke dan kasus-kasus lainnya.

Diperkuat dengan faktor eksternal seperti hubungan India dan Cina yang memanas serta upaya India memperkuat pertahanan cyber mereka, PUBG Mobile akhirnya di banned bersama 117 aplikasi asal Cina lainnya.

Namun, bukan India saja loh yang saat ini masih dilarang di sana. Ada juga negara lain yang tampaknya khawatir dengan dampak permainan battle royale satu ini. Berikut 4 negara lain yang melarang aplikasi PUBG Mobile!

- CINA

Agak aneh ketika Cina melarang game besutan developer mereka sendiri beredar. Alasan kekerasan jadi argumen utama pemerintah Cina melarang PUBG Mobile. Untungnya, game ini dirilis ulang PUBGM dengan nama Game for Peace dan menghilangkan unsur kekerasan agar sesuai dengan ketentuan pemerintah.

- YORDANIA

Pemerintah Iraq melihat PUBG Mobile sebagai aplikasi yang bisa merugikan penggunanya. Oleh karena itu, mereka mem-banned game ini.

- NEPAL

Otoritas Telekominikasi Nepal menilai game seperti PUBGM punya dampak buruk kepada anak muda. Namun, keputusan ini seperti sudah dikembalikan oleh pengadilan di Nepal.

- PAKISTAN

Pada Juli 2020 silam, pemerintah Pakistan sudah sempat mem-banned PUBG Mobile. pihak terkait menyatakan kalau game ini menyebabkan kecanduan, buang-buang waktu dan bisa menyebabkan efek buruk pada remaja secara fisik dan psikologis. Untungnya, keutusan tersebut sudah diangkat pada bulan yang sama.

Nah, itu dia negara-negara yang mem-banned PUBG Mobile. Di Indonesia sendiri gaung-gaung memblokir PUBGM mulai terdengar, utamanya datang dari sekelompok masyarakat di Aceh yang vokal ingin mengharamkan PUBG Mobile.

Mudah-mudahan di Indonesia tidak terjadi kasus buruk dari pengguna PUBG Mobile agar game ini bisa tetap dimainkan oleh semua.