IES Ligagame

Jepang Siap Gelar Liga Profesional VALORANT Pertama di Dunia

faizalkamill
14/08/2020 10:30 WIB
Jepang Siap Gelar Liga Profesional VALORANT Pertama di Dunia
Mildom Masters VALORANT

Riot Games telah berhasil memasuki ranah game FPS(First Person Shooter) dengan sangat baik. Memadukan kesederhanaan dengan ide unik menjadi keunggulan yang mereka miliki. Game yang sudah mulai merambah berbagai kawasan sejak 2 Juni 2020 ini mulai bertransisi memasuki skema esport profesional. Lewat ajang Ignition Series yang diadakan oleh Riot Games bersama penyelenggara lainnya, kini kita sudah bisa melihat peringkat tim-tim VALORANT esport di dunia. Eropa dan Amerika Utara berhasil bersinar sejauh ini dengan organisasi-organisasi besar yang menaungi para pemainnya, namun tak terkecuali dengan negara tempat matahari terbit, Jepang.

Melihat antusias para pemain di Jepang yang luar biasa terhadap VALORANT, mereka mulai meracik sistem untuk liga profesional VALORANT sendiri. Liga yang bertajuk Mildom Masters VALORANT ini melibatkan 8 tim yaitu Absolute JUPITER, SCARZ, REJECT, CYCLOPS, Sengoku Gaming, FAV gaming, SunSister Rapid, dan ConnectGaming. Turnamen berhadiah total 2,5 juta Yen atau sekitar 347 juta ini menganut sistem best of 1 round robin. Pertandingan diadakan satu minggu sekali di mana setiap tim berhadapan dengan tim lainnya.

Acara ini rencananya dimulai dari 20 Agustus sampai dengan 1 Oktober 2020 mendatang. Empat tim teratas di babak round robin akan melaju ke playoff, dimana mereka bertanding di mode turnamen vertikal. Tim posisi keempat akan bertanding di sebuah best of one dengan tim peringkat ketiga untuk menentukan siapa yang akan berhadapan dengan tim di posisi kedua di babak round robin. Peringkat pertama di babak round robin akan langsung melaju ke babak Grand Final yang akan digelar dengan sistem best of three melawan siapa saja yang berhasil menang di laga antara peringkat kedua dan peringkat ketiga atau keempat. Grand Final akan berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2020 nanti.

Pihak Mildom selaku penyelenggara ingin berkontribusi untuk membuat sebuah basis untuk para pemain dari Jepang untuk bisa sukses di manca negara. Turnamen ini akan disiarkan secara langsung lewat web resmi Mildom dan juga Twitch.

Melihat negara Jepang memulai Liga VALORANT, bukan tidak mungkin bagi Indonesia yang memiliki basis organisasi-organisasi besar di bidang ini juga dapat membuat liga serupa. Bagaimana menurut kalian Sobat Esports, apakah Indonesia akan menyusul Jepang untuk membuat Liga esport VALORANT juga?