Esports.ID

CEO KG Media Beri Kepastian Tayangan The International

MalZaHar
07/08/2018 08:24 WIB
CEO KG Media Beri Kepastian Tayangan The International
Andy Budiman Konfirmasi Penyiaran Final TI8 via Kompas TV!

Seperti yang diharapkan oleh banyak fans gamer pecinta eSports tanah air, pihak Kompas TV akhirnya memastikan perihal penyiaran acara The International 2018 (TI8) untuk memuaskan dahaga para kaum muda akan tayangan olahraga digital modern ini.

Sebagaimana yang diutarakan langsung oleh Bapak Andy Budiman, selaku Chief Executive Officer (CEO) Group of Media Kompas Gramedia, saat dihubungi via telepon, hari Jumat (3/8). Terutama setelah Kompas TV secara berturut-turut menayangkan dua gelaran final dari MSC 2018 dan FIFA eWorld Cup 2018.

"Definitely, kami pasti akan menayangkan The International karena sebagai turnamen game terbesar dengan hadiah yang juga tidak main-main, kami sangat tertarik untuk menyajikannya bagi penonton setia Kompas TV," ungkap Andy Budiman, yang juga menjabat sebagai Vice Director di Kompas TV, kepada tim Esports.ID. "Apalagi melihat antusias besar penonton di MSC kemarin, kami merasa cukup puas dan ingin terus mengeksplor eSports lebih serius ke depannya."

Terkait pelaksanaan MSC 2018 sebelumnya, beliau menambahkan bahwa nilai share (persentase penonton suatu program di saat bersamaan) yang mereka capai saat penayangannya lumayan tinggi dan melebihi ekspektasi. Meski tidak menyebutkan angka persis, namun indikasi ini pula yang menjadi salah satu tolak ukur bagi stasiun televisi milik Kompas Gramedia ini untuk meneruskan program LIVE eSports, di luar pakemnya sebagai penayang News Berita.

"Kami melihat potensi besar dari eSports sebagai konten yang bisa menjangkau viewers muda," ujar Andy Budiman, kepada tim Esports.ID. "Kami memang menargetkan audiens remaja usia 15-19, melalui acara-acara seperti misalnya Stand Up Comedy, yang telah berjalan baik selama ini di Kompas TV."

Sayangnya, dengan track record penayangan dua turnamen game skala internasional (MSC dan FIFA eWorld Cup), Kompas TV menyebutkan tidak mendapatkan hak penyiaran untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Kami sadar bahwa Asian Games merupakan event besar dan pertama kali eSports akan hadir meski baru cabang ekshibisi," tuturnya lagi. "Kita sudah langsung mengajukannya begitu tahu, tapi sayangnya spot tersebut sudah terisi dan kami tidak mendapatkannya."

Tapi beliau masih akan terus mengupayakannya agar Kompas TV dapat menayangkannya juga. Apa mungkin perlu bantuan dari fans eSports untuk ikut menyuarakannya? Bagaimana sobat eSports?

Apapun hasilnya nanti, intinya pihak Kompas TV sudah menunjukkan bukti nyata kepedulian akan industri eSports di tanah air, dengan menayangkan ragam turnamen game berskala internasional secara lebih mudah melalui layar kaca ke seluruh penjuru nusantara. Semoga tidak berhenti sampai perhelatan The International 2018 saja, dan porsi konten eSports berkualitas bisa lebih banyak tayang pada acara TV setiap harinya!

Terkait jadwal penayangan final The International 2018 (TI8) di Kompas TV, Andy Budiman menyebutkan akan tayang sekitar pukul 03.00 WIB, menyesuaikan dengan jadwal final itu sendiri.