Prize Pool Lokapala di Piala Presiden Esports Capai 200 Juta Rupiah!

Michael
08/11/2021 17:03 WIB
Prize Pool Lokapala di Piala Presiden Esports Capai 200 Juta Rupiah!
Lokapala Piala Presiden Esports 2021

Piala Presiden Esports 2021 telah resmi memulai Kick Off pada Sabtu, 9 Oktober 2021 lalu dengan mengusung tema #BanggaEsportIndonesia dan konsep artistik "Land of Wonders" yang mengeksplor keindahan alam dan nilai budaya Indonesia ke panggung Esports dunia.

Turnamen Piala Presiden Esports 2021 ini diikuti lebih dari 61.784 atlet eSports Tanah Air dan masih akan terus bertambah. Babak kualifikasi turnamen tersebut akan berlangsung hingga tanggal 28 November mendatang dan terbagi dalam enam regional wilayah. Yaitu Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua. Selain kualifikasi regional, ada babak kualifikasi terbuka yang dapat diikuti peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Yamisok Nobar

Ajang Piala Presiden Esports selalu menghadirkan berbagai hal baru yang menarik di setiap edisinya, mulai dari 2019, 2020 dan 2021. Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir pada saat acara kick-off Piala Presiden Esports 2021 mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 pada Desember mendatang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Kemasan ini selaras dengan upaya Pemerintah RI dalam mendorong pertumbuhan pariwisata melalui sports tourism. 

Sandiaga Uno mengatakan dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali. Diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali.

Dengan total hadiah sebesar Rp 2 Miliar, Piala Presiden Esports 2021 mempertandingkan 6 cabang gim yaitu eFootball PES, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile, MPL Gaming (Speed ​​Chess), dan Lokapala sebagai Gim Lokal yang hadir tentunya membuat ajang Piala Presiden Esports 2021 semakin menarik.

CEO Melon Indonesia, Dedi Suherman mengatakan Melon Indonesia sebagai publisher gim lokal Lokapala yang dikembangkan oleh Anantarupa Studio merasa terhormat dan sekaligus bangga dengan gim Lokapala diikutsertakan dalam ajang bergengsi ini. “Kami dari Melon Indonesia turut bangga dengan ikutnya Lokapala sebagai gim lokal yang dipertandingkan di ajang Piala Presiden Esports 2021 ini” ujar Dedi.

Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Muhamad Fajrin Rasyid menambahkan bahwa ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan dari Telkom Indonesia di mana Melon Indonesia adalah anak perusahaan yang ikut mengelola ekosistem gim di tanah air. “Telkom sangat mendukung ekosistem gim di tanah air sejalan dengan terus berkembangnya industri eSports di Indonesia, sehingga harapannya masyarakat nantinya tidak hanya menjadi konsumen saja, tetapi ini dapat mendorong para kreator gim lokal untuk menghasilkan gim yang bisa mendunia”.

Lokapala: Saga of the Six Realms adalah MOBA pertama yang sepenuhnya dikembangkan di Indonesia dan terinspirasi dari mitologi, sejarah, dan budaya Indonesia. Lokapala untuk pertama kalinya hadir di acara Piala Presiden Esports 2021 dan merupakan bukti bahwa karya Indonesia mampu bersaing dengan produk luar negeri. Bahkan, sebelumnya Lokapala telah sukses hadir di eksibisi Esports Pon XX Papua 2020 lalu.

Dari total 2 milyar hadiah yang disediakan di Piala Presiden Esports 2021, Cabang gim Lokapala akan mempertandingkan hadiah senilai 200 juta rupiah. Hadiah tersebut akan terbagi menjadi 3 kategori sesuai dengan sistem babak pertandingan Lokapala di Piala Presiden Esports yaitu babak kualifikasi regional, babak kualifikasi terbuka, dan main event.

Babak kualifikasi Regional untuk cabang Lokapala di Piala Presiden Esports 2021 resmi digelar mulai awal pekan lalu. Delapan tim dari beberapa regional berjuang untuk bisa melangkah ke babak main event.

Setelah berjuang di serangkaian pertandingan kualifikasi yang cukup panjang, Sky Team, Zero Esports, Western Meister, Enormouse, Enam Sembilan Esports, Vi Dronis, A7X, dan Esi Kota Mojokerto akhirnya menempati tim terkuat untuk babak kualifikasi Regional.

Menggunakan sistem single eliminasi, Zero Esports, Western Meister, Vi Dronis, dan A7X sukses menempati posisi empat besar. Kemampuan tim-tim ini pun mampu menarik perhatian dengan kemampuan para pemainnya yang mumpuni. Pada babak final regional, Zero Esports bertemu dengan Vi Dronis. Bermain dengan sistem best of three, Vi Dronis berhasil membungkam Zero Esports dengan skor 2-0 tanpa balas.

Sukses mengalahkan ketujuh tim lainnya, Vi Dronis sukses keluar sebagai juara dari Final Regional. Dari kemenangan ini, ada sosok pemain, yaitu Dyyzel yang sukses menjadi mesin pembunuh untuk para lawannya dengan meraih titel MVP. Dengan demikian, 2 tim teratas di babak kualifikasi Regional yaitu Zero Esports dan Vi Dronis berhak mendapatkan tiket menuju babak main event pada bulan Desember mendatang.

Untuk babak kualifikasi regional, ada total hadiah senilai 20 juta rupiah untuk diperebutkan, begitu pula dengan babak kualifikasi terbuka. Cabang gim Lokapala sendiri saat ini masih menyisakan 1 babak kualifikasi yaitu babak kualifikasi terbuka untuk memperebutkan sisa tiket yang ada menuju babak main event.

Di babak main event inilah para peserta akan berjuang memperebutkan hadiah utama. Tim yang berhasil keluar sebagai juara Piala Presiden Esports 2021 cabang gim Lokapala akan memperebutkan uang tunai sebesar 120 juta rupiah. Selain itu, tim yang berhasil finish di urutan kedua alias runner-up akan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 50 juta rupiah. Sedangkan tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan membawa pulang hadiah masing-masing senilai 15 juta rupiah. Dan untuk pemain yang menjadi MVP akan mendapat hadiah sebesar 10 juta rupiah.

 

Tentunya ini menjadi kesempatan untuk menapaki karier yang lebih besar lagi di industri esports.