Esports

Akun CS:GO Senilai 30 Miliar Diretas, Valve Langsung Turun Tangan!

faizalkamill
24/06/2022 14:30 WIB
Akun CS:GO Senilai 30 Miliar Diretas, Valve Langsung Turun Tangan!
Valve

Akun CS:GO dengan item senilai 2 juta USD atau sekitar 30 miliar Rupiah berhasil dikembalikan item dan skinnya oleh Valve. Peretasan yang mungkin menjadi peretasan terbesar di CS:GO ini berhasil ditanggulangi dengan baik oleh pihak pengembang game. Dilansir dari Win.gg, dikabarkan bahwa Valve telah membalikkan transaksi yang membuat skin yang terjual kembali ke akun asalnya.

Akun senilai 30 miliar ini dikabarkan dimiliki oleh seseorang dengan nama HFB. Pemain tersebut adalah seorang penggemar CS:GO yang berasal dari Uni Emirat Arab. Dalam akunnya terdapat ratusan skin senjata dan pisau yang sangat langka yang jika dijual nilainya bisa sangat fantastis. Barisan skin termahalnya antara lain 7 Souvernir AWP Dragon Lore dan sebuah Starless Karambit.

PT Media Esports Indonesia

Sang peretas sebelumnya telah menjual banyak item dari inventory akun tersebut. Namun, dilansir dari beberapa sumber bahwa Valve telah berhasil mengembalikan sebagian besarnya. Kebanyakan skin dari akun HFB dijual lewat situs web perdagangan pihak ketiga dan beberapa skin lain ditransfer ke akun sang hacker.

Skin Starless Karambit yang langka

Menurut kolektor skin CS:GO yang mengetahui tentang masalah ini mengatakan bahwa sebagian besar skin yang dicuri telah dipulihkan. Valve telah membalikkan transaksi yang membuat skin kembali ke akun asalnya. Profil akun HFB disetel kembali ke mode pribadi, jadi mereka mungkin telah dipindahkan ke pemilik baru.

Valve sebelumnya sering mengatur pembalikan transaksi yang memiliki kemungkinan penipuan tetapi perusahaan berhenti peduli tentang penipuan meskipun peretasan dan phishing terus-menerus terjadi di platformnya.

Membalikkan transaksi hampir tidak pernah terdengar di tahun 2022 tetapi Valve tampaknya bersedia turun tangan untuk peretasan akun CSGO senilai 2 juta USD. Valve belum berkomentar secara terbuka tentang hal ini tetapi ini menunjukkan bahwa Valve adalah pengontrol utama dari penjualan skin CSGO, bukan pengguna Steam. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?