Ini 9 Tim Juara Musim Regular Free Fire Master League S3!

Rendy Lim
25/02/2021 10:52 WIB
Ini 9 Tim Juara Musim Regular Free Fire Master League S3!
Pertama hadirkan turnamen dua divisi dengan sistem promosi dan degradasi, FFML Siapkan bibit unggul atlet esports

Free Fire Master League Season III akhirnya menyelesaikan pertandingan final untuk dua divisinya yakni pada tanggal 17-18 Februari 2021 untuk Divisi 2, dan pada tanggal 20-21 Februari 2021 untuk Divisi 1. Enam minggu penuh ketegangan dan aksi-aksi seru telah menentukan 9 tim juara yang bakal bertanding di fase berikutnya. 

Sepanjang 12 Match Days regular season, FFML Season III telah mendapatkan sembilan tim juara yang berhak membawa pulang total hadiah sebesar 1,5 miliar Rupiah. Enam tim profesional dari divisi 1, ONIC Olympus, SES Mizu, Red Bull Rebellion, RRQ Hades, Island of Gods dan DG Esports juga berhak atas tiket ke babak Grand Final di turnamen Free Fire Indonesia Master (FFIM) 2021 Spring. Sedangkan, tiga tim semi-pro dari divisi 2, yakni Siren Esports, NGid Esports, dan Bonafide Esports mendapat slot langsung untuk masuk di babak Play-Ins FFIM 2021 Spring.

Divisi 1 FFML S3, Source: Garena Free Fire

Berbagai hal unik terjadi selama turnamen ini, serangan balik dari sang juara FFIM 2020 Fall, EVOS Esports, harus berujung tragis dengan poin liga yang seri namun terpaut oleh point difference (total poin pertandingan) dengan DG Esports di Final Day 2 kemarin (21 Februari 2021).

Hal ini menjadikan EVOS Esports gagal menjadi juara bertahan FFML dan tanpa tiket emas menuju Grand Finals FFIM 2021 Spring, mereka harus berjuang kembali di Play-off agar bisa masuk ke Play-ins FFIM 2021 Spring. ONIC Olympus menjadi satu-satunya tim yang berhasil mempertahankan gelar juara pertama FFML sejak Season I sampai Season III kemarin.

Divisi 2 FFML S3, Source: Garena Free Fire

Walaupun para fans dan Survivor lain se-Indonesia tidak dapat mengikuti secara langsung di lokasi, keramaian di kolom komentar YouTube dan Facebook Live Free Fire Esports Indonesia tentunya terus menggema sepanjang final pelaksanaan FFML Season III. Tercatat, lebih dari 33 juta penonton telah mengikuti jalannya pertandingan sejak FFML Season III dibuka pada awal Januari 2021.

Christian Wihananto selaku Produser Free Fire di Garena Indonesia menjelaskan “Free Fire Master League sudah kita laksanakan selama 3 musim semenjak tahun 2020. Garena terus mendukung perkembangan ekosistem esports Indonesia dalam mencari bibit unggul atlet esports. Ini supaya esports bisa berkembang menjadi olahraga kompetitif di Indonesia yang mengharumkan nama bangsa, sama halnya dengan olahraga bulu tangkis atau sepakbola. Garena mengucapkan selamat kepada 6 tim dari divisi 1 dan 3 tim dari divisi 2 yang tak hanya berhak membawa pulang Prize Pool, namun juga memperoleh tiket ke pertandingan berikutnya di Free Fire Indonesia Master 2021 Spring.”

Source: Garena Free Fire

Perjuangan para tim esports ini berawal dari FFML Season III yang dibuka  Januari 2021 lalu. Menargetkan lebih banyak atlet muda esports yang dikembangkan #ReadyTheMaster, turnamen FFML dirancang berbentuk sistem turnamen berjenjang. Melalui skema dua divisi, FFML tidak hanya ditujukan untuk Pro-Player, tetapi juga menjadi wadah persiapan kompetisi esports bagi para talenta baru. 

Finalis Free Fire Master League Season III langsung dapat mengamankan posisinya di Divisi 1 untuk Free Fire Master League Season IV, bahkan 3 finalis Divisi 2 juga mendapatkan promosi masuk Divisi 1. Lewat babak Play-Offs dan Division Qualifiers yang nantinya masih akan berlanjut, beberapa tim dalam posisi bawah baik dari Divisi 1 atau 2 masih harus berjuang untuk amankan posisi mereka, atau turun kelas ke Divisi 2 pada  season pertandingan berikutnya.

Selamat kepada semua juara di Free Fire Master League yah! Semangat untuk fase selanjutnya, semoga kita bisa menemukan tim terbaik untuk mewakili Indonesia di ajang internasional Free Fire. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?