ROG Strix SCAR 17 Special Edition, Laptop Gaming Ter-Powerful di Dunia

SlushiesDrinker
02/09/2022 19:00 WIB
ROG Strix SCAR 17 Special Edition, Laptop Gaming Ter-Powerful di Dunia
press release

ASUS resmi memperkenalkan ROG Strix SCAR 17 Special Edition (G733C), laptop gaming paling powerful di dunia. ROG Strix SCAR 17 Special Edition merupakan laptop pertama yang ditenagai oleh CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX yang merupakan CPU laptop paling powerful di dunia.

Tidak hanya itu, laptop gaming ini juga didukung oleh chip grafis serta sistem pendingin yang sangat powerful sehingga dapat menghadirkan performa sekelas PC desktop.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition merupakan persembahan ASUS untuk para gamer hardcore di Indonesia," ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “Tidak hanya sekadar dibekali dengan hardware paling bertenaga, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang menjamin pengalaman gaming terbaik sekelas PC desktop.”

Laptop Gaming Paling Powerful

ROG Strix SCAR 17 Special Edition merupakan laptop gaming yang dirancang khusus untuk para gamer yang membutuhkan mesin gaming dengan performa terbaik tanpa kompromi serta siap untuk digunakan dalam setiap pertandingan esports.

Dimulai dari CPU, ROG Strix SCAR 17 Special Edition ditenagai oleh 12th Gen Intel Core i9-12950HX yang merupakan CPU laptop paling powerful di dunia. Khusus di ROG Strix SCAR 17 Special Edition, CPU yang menggunakan konfigurasi 16 core (8 P-core dan 8 E-core) serta 24 thread tersebut juga telah ditingkatkan performanya.

12th Gen Intel Core i9-12950HX yang digunakan di ROG Strix SCAR 17 Special Edition memiliki base power 65W serta Performance-core yang dapat berjalan di frekuensi hingga 5,2GHz.

Spesifikasi tersebut memastikan ROG Strix SCAR 17 Special Edition dapat menghadirkan performa CPU single-thread terbaik di setiap skenario, khususnya saat bermain game.

Tidak sampai di situ, CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX di ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dapat ditingkatkan performanya melalui Manual Mode di aplikasi Armoury Crate yang membuat CPU dapat berjalan di daya 175W.

Performa tersebut membuat ROG Strix SCAR 17 Special Edition tampil dengan performa yang menyerupai PC desktop.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibekali dengan GPU yang sangat powerful yaitu hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti.

Berbeda dengan laptop gaming lainnya, GeForce RTX 3080Ti di ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga telah ditingkatkan performanya dengan TGP maksimal di angka 175W melalui Dynamic Boost.

Berkat spesifikasi tersebut, ROG Strix SCAR 17 Special Edition dipastikan dapat menjalankan semua game PC dengan sangat baik bahkan pada resolusi tinggi.

Berbicara soal resolusi, ROG Strix SCAR 17 Special Edition telah dibekali dengan layar beresolusi QHD (2560 x 1440) yang memiliki refresh rate 240Hz serta response time 3ms.

Layar tersebut juga didukung oleh teknologi Dolby Vision serta Adaptive Sync sehingga memastikan pengalaman bermain game yang nyaman tanpa efek stuttering dan tearing.

Laptop powerful harus didukung oleh memori dan penyimpanan terbaik. Untuk itulah ASUS ROG membekali ROG Strix SCAR 17 Special Edition dengan memori DDR5 4800MHz dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 64GB.

Sementara penyimpanannya mengandalkan NVMe PCIe Gen4 SSD yang dapat dikonfigurasikan secara RAID 0 untuk performa maksimal.

Sama seperti laptop ROG 2022 lainnya, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga telah dibekali dengan MUX Switch sehingga dapat menghadirkan performa gaming secara maksimal.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibekali dengan konektivitas modern yang sangat lengkap, mulai dari WiFi 6E hingga Thunderbolt 4.

Sistem Pendingin Khusus untuk Laptop Paling Powerful

ROG Strix SCAR 17 Special Edition hadir dengan seluruh fitur terbaik yang ditwarkan oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling, salah satunya adalah penggunaan liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU.

Bukan sembarang liquid metal, ROG Strix SCAR 17 Special Edition menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang dapat menghadirkan suhu operasional hingga 15⁰C dibandingkan dengan thermal compound standar berbahan silikon.

Sistem pendingin ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan vapor chamber yang dirancang khusus untuk membantu mendinginkan semua komponen di dalam laptop gaming ini.

Vapor chamber tersebut melapisi 48,8% bagian mainboard ROG Strix SCAR 17 Special Edition sehingga memungkinkan proses pendinginan untuk setiap komponen mulai dari CPU, GPU, VRM, VRAM, dapat berjalan secara optimal.

Terhubung langsung dengan vapor champber khusus adalah heatsink berbahan tembaga yang dirancang secara presisi agar dapat melepaskan panas secara optimal.

Pelepasan panas juga dibantu oleh dua kipas Arc Flow yang mampu menghadirkan aliran udara lebih baik serta memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan dengan teknologi kipas di laptop ROG generasi sebelumnya.

Desain Spesial

ROG Strix SCAR 17 Special Edition merupakan laptop edisi khusus yang dirancang sangat unik dan spesial. Meski masih menggunakan basis desain bodi yang sama dengan saudaranya, yaitu ROG Strix SCAR 17, laptop gaming ini dilengkapi fitur berupa “invisible ink” yang diukir pada bodinya.

Invisible ink tersebut hanya dapat terlihat ketika bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition terpapar sinar UV.

Tampilan invisible ink di bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga didesain secara khusus dan memiliki petunjuk bagi gamer untuk menyelesaikan tantangan SCAR Runner yang ada di dalam game ROG Citadel XV yang tersedia secara gratis di Steam.

ROG Strix 17 SE sepertinya pantas menyandang titel "paling kuat" ya, Sobat Esports!