Yamaha Oktober

Zenbook SPACE EDITION, Ini Spesifikasi dan Fitur Andalannya!

Michael
16/09/2022 11:30 WIB
Zenbook SPACE EDITION, Ini Spesifikasi dan Fitur Andalannya!
Zenbook SPACE EDITION

ASUS "membangkitkan kembali" laptop legendarisnya dengan desain, hardware, dan fitur yang lebih modern. Diberi nama Zenbook 14X OLED Space Edition, atau disingkat Zenbook SPACE EDITION, laptop terbaru ASUS kali ini bukan hanya sekadar tampil sebagai perangkat seremonial semata, tetapi juga menegaskan konsistensi ASUS sebagai produsen laptop yang tetap fokus pada inovasi dan kualitas di setiap produknya.

Zenbook SPACE EDITION berbeda dengan laptop pada umumnya. Laptop edisi spesial ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar space-grade dari US Space System Command (SMC-S-016A) serta military-grade (MIL-STD 810H).

PT Media Esports Indonesia

Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga tampil dengan desain eksklusif serta dibekali ZenVision, yaitu layar kedua dengan tampilan unik yang dapat dikustomasi.

Dari sisi hardware, Zenbook SPACE EDITION tentunya juga sudah sangat mengikuti zaman. Tidak tanggung-tanggung, ASUS bahkan membekali laptop ini dengan prosesor 12th Gen Intel Core H-Series yang biasanya disematkan di laptop gaming.

Dengan demikian, performa Zenbook SPACE EDITION sudah bisa dipastikan lebih kencang dari ultrabook premium sekelasnya.

Keunikan Zenbook SPACE EDITION juga tidak hanya sampai di situ. Mari kita bahas satu-persatu.

Desain Unik dan Futuristik

Hal pertama yang membuat Zenbook SPACE EDITION menarik adalah desain dan tampilannya. Tidak seperti saudaranya yang lain, Zenbook SPACE EDITION tampil dengan desain bodi yang sangat futuristik. Bagian belakang layarnhya terdapat guratan yang menggabungkan kode morse dengan desain ala kokpit pesawat luar angkasa. Di bagian lain juga terdapat berbagai macam tulisan yang menunjukkan bahwa laptop ini merupakan perangkat edisi spesial yang tidak dijual sembarangan.

ZenVision memiliki ukuran layar 3,5-inci dengan panel OLED monochrome dan ditempatkan di belakang layar utama Zenbook SPACE EDITION. ZenVision merupakan fitur yang dapat membuat Zenbook SPACE EDITION terasa semakin personal. Melalui aplikasi MyASUS, pengguna Zenbook SPACE EDITION dapat mengatur tampilan ZenVision. Tidak hanya sekadar menampilkan teks berjalan, ZenVision juga bisa menampilkan gambar, animasi, hingga QR code. Ini membuat ZenVision dan Zenbook SPACE EDITION secara keseluruhan menjadi sangat unik dan berbeda dari semua laptop yang pernah ada.

Durabilitas Berstandar Space-Grade

Selain desainnya unik dan futuristik, Zenbook SPACE EDITION juga memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan laptop sekelasnya. Seluruh bodinya menggunakan bahan aluminium alloy yang tidak hanya tangguh, tetapi juga ringan. Zenbook SPACE EDITION bahkan telah mengantongi berbagai sertifikasi lolos uji ketahanan ekstrem.

Fitur Lengkap dan Nyaman Digunakan

Zenbook SPACE EDITION tentunya telah dibekali dengan fitur penunjang aktivitas komputasi modern, salah satunya adalah konektivitas yang lengkap. Zenbook SPACE EDITION dilengkapi dengan berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader.

Selain port tersebut, Zenbook SPACE EDITION juga telah dibekali dengan dua port Thunderbolt™ 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, tetapi juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery.

Dengan kata lain, Zenbook SPACE EDITION dapat dihubungkan ke monitor eksternal menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K. Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga dapat diisi daya baterainya menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga meningkatkan mobilitasnya.

Kualitas Layar Terbaik dengan ASUS OLED

Zenbook SPACE EDITION tentu saja telah menggunakan layar berteknologi ASUS OLED, yaitu teknologi layar laptop terbaik.

Layar sentuh Zenbook SPACE EDITION sendiri menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Layar sentuh pada Zenbook SPACE EDITION ini sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif, dimana akan membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif.

Ditambah lagi, rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Ditenagai Prosesor Kelas Gaming

Zenbook SPACE EDITION merupakan laptop modern yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming.

Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.

Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi.

Berikut adalah hasil benchmark Zenbook SPACE EDITION yang menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H: