Program Keamanan Riot Vanguard akan Hadir di League of Legends

Aldodanoza
27/02/2024 01:57 WIB
Program Keamanan Riot Vanguard akan Hadir di League of Legends
Riot Vanguard adalah program keamanan dalam bermain game garapan Riot Games / Riot Games

Demi membuat para summoner di League of Legends maupun Teamfight Tactics lebih aman tanpa adanya cheater maupun modder, Riot Games berencana untuk implementasi program hackshield yang hingga saat ini digunakan di game Valorant, yakni Riot Vanguard. Program keamanan dari pihak ketiga yang bisa modifikasi file tersebut dikabarkan akan sama amannya layaknya Valorant.

Riot Vanguard di League of Legends ini siap diimplementasikan bagi pengguna Public Beta Environment (PBE) pada Patch 14.4, dan akan mulai diterapkan pada Patch 14.5. Pengujian pertama tersebut dilakukan untuk beberapa region saja terutama di Asia Tenggara, dimana Riot Games akan mengevaluasi performa dari Riot Vanguard dalam mengatasi cheater dan modder ketika match di League of Legends berlangsung.

 Riot Vanguard akan tutup progres permainan ketika menemukan cheater dan modder / Riot Games

Namun program hackshield garapan Riot Games ini masih memiliki pro dan kontra bagi para gamer Riot Games itu sendiri. Karena izin jalan hingga level kernel dan bahkan tidak diperbolehkan untuk menjalankan game tanpa adanya Riot Vanguard, membuat gamer Valorant pun memberikan keluh kesahnya terhadap program tersebut. Bahkan sistem operasi pun harus dalam keadaan secure boot, agar Riot Vanguard tidak dapat dibobol oleh program pihak ketiga.

Riot Games akan memprioritaskan Riot Vanguard ini agar para gamer tetap bisa menikmati game garapan Riot Games tanpa perlu terganggu dengan Riot Vanguard. Salah satu upaya dari Riot Games adalah membuat Riot Vanguard tetap bisa dijalankan dan masuk ke dalam system tray, serta bisa dinonaktifkan dengan klik kanan lalu klik Exit Vanguard.

Amat mungkin penerapan ini akan memiliki dampak buruk bagi para cheater, serta modder yang mencoba untuk mengubah aset game untuk keperluan estetika. Sama seperti Riot Vanguard di Valorant, program yang akan diuji pertama kali di League of Legends inipun akan menutup permainan bilamana ada salah satu gamer yang terdeteksi menggunakan program cheat, termasuk map hack yang sangat merugikan gamer yang bermain League of Legends.

League of Legends Patch 14.5 yang akan hadir bersama Riot Vanguard akan rilis pada 6 Maret 2024. Sementara itu, kamu bisa mainkan League of Legends dan Teamfight Tactics di PC, serta TFT Mobile di Google Play Store, dan App Store.