IES Ligagame

Menuju Playoff MPL ID Season 5, Ini Prediksi Pertandingannya!

Billy Rifki
03/04/2020 10:10 WIB
Menuju Playoff MPL ID Season 5, Ini Prediksi Pertandingannya!
MPL ID Season 5 Instagram

Satu minggu lagi menuju playoff MPL Season 5 (10-12 April 2020), fans Mobile Legends tanah air sudah tak sabar menanti pertarungan sengit enam tim tersisa menjadi juara musim ini. Selama lima kali MPL bergulir, belum ada satu pun tim yang pernah menjuarai kompetisi game esports paling bergengsi di tanah air dua kali.

RRQ Hoshi dan EVOS Legends mungkin jadi unggulan, tapi menganut dari kutukan MPL, persentase lahirnya juara baru masih terbuka lebar. Bigetron Alpha punya kesempatan bersinar musim ini mengingat kiprah mereka selama regular season cukup ciamik.


source: Instagram MPL Indonesia

Lantas, bagaimana peluang Bigetron Alpha, RRQ Hoshi, EVOS Legends, Alter Ego, ONIC Esports dan Genflix Aerowolf di playoff nanti? Ini Prediksi Esports.ID..

Day 1 (10 April) : UB1 AE (2) vs (1) ONIC, UB2 EVOS Legends (2) vs (0) GFLX Aerowolf

Pertarungan pertama playoff MPL S5 mempertemukan Alter Ego melawan ONIC kemudian EVOS Legends dan Genflix. Dari riwayat regular season, ONIC belum pernah menang melawan Alter Ego, laga home away pasukan Landak Kuning selalu berakhir 2-1 untuk kemenangan AE.

Sementara GFLX tahu rasanya menyicip kemenangan dari sang juara dunia M1. Kemenangan itu terjadi di minggu ke-6 regular season saat GFLX memperkuat kedalaman strategi mereka usai mendatangkan pelatih baru, Acil.

Tapi, apa berarti playoff bakal menghasilkan skor yang sama? Bisa jadi berbeda. Tidak ada waktu bercanda untuk tim di upper bracket walau masih menyimpan nyawa sekali untuk lower bracket. Kemenangan memperpendek jarak mereka dengan grand final dan piala MPL Season 5.

ONIC dan AE sejatinya adalah match up seimbang. Kedua tim punya kans mengalahkan satu sama lain dalam pertarungan sengit. Ada baiknya, ONIC mempertahankan dua pemain baru Rasy dan CW jadi skuad inti karena permainan mereka cukup konsisten walau berstatus anak baru MPL. 

Alter Ego tak punya banyak perubahan dalam skuad, bila Celiboy turun ke lapangan, tandanya itu kekuatan penuh mereka. Meski begitu, AE punya bakat menggoyahkan mentalitas lawan lewat psywar stiker-stiker mematikan mereka.

Belum lagi mereka pasti semangat usai mengalahkan EVOS di minggu terakhir MPL S5 sedangkan ONIC terbantai RRQ Hoshi 2-0. Hasil pertandingan pertama playoff sayangnya kembali dimenangkan AE dengan skor identik 2-1.

Lantas bagaimana dengan EVOS Legends dan GFLX? GFLX punya unsur kejutan, mereka pasti jadi batu sandungan salah satu tim besar. Tapi untuk kali ini, Rekt dan kawan-kawan bakal menerkam dengan ganas pasukan serigala dengan skor 2-0. Apalagi kalau EVOS kalah, tak ada harapan untuk mereka menjawab tantangan RRQ yang ingin el clasico sekali lagi.

Day 1 (10 April) : UB3 RRQ Hoshi (2) vs (0) AE, Day 2 (11 April) UB4 EVOS Legends (2) vs (1) Bigetron Alpha

AE memang pernah menumbangkan RRQ 2-0 di minggu ketiga MPL S5, tapi itu bukan dengan amunisi penuh dari Sang Raja.  RRQ punya magis berbeda kala Lemon dan XIN dipadukan, duet mereka hampir tak terkalahkan sepanjang MPL dan AE pun tampaknya belum punya penangkal untuk senjata RRQ satu ini.

Lanjut ke laga upper bracket keempat di hari selanjutnya, Bigetron Alpha mungkin kehilangan motivasi usai kekalahan beruntun oleh RRQ dan EVOS. Bahkan pada match kali ini, EVOS masih tak terbendung. Tapi bukan berarti BTR melihat kekalahan ini jadi jalan buntu. Resiko eliminasi lower bracket akan membakar semangat permainan mereka untuk kembali menjadi BTR yang mendominasi regular season kemarin.

Day 2 (11 April) LB1 AE (1) vs (2) Bigetron Alpha, Final UP RRQ Hoshi (2) vs (1) EVOS Legends

Ini momen terpenting dalam rivalitas AE dan BTR. Konflik panas kedua tim bakal diselesaikan pada lower bracket dan kemungkinan isak tangis bercucuran sangat mungkin terjadi. Kedua tim tentu tak mau dikalahkan mengingat perang urat syarat yang terjadi sebelumnya.

BTR selalu berkepala dingin saat match melawan AE, sementara LeoMurphy dan kawan-kawan sibuk melemparkan stiker-stiker penggangu konsentrasi yang tampaknya tak bekerja untuk BTR. Match kali ini harus diikhlaskan oleh AE dan merelakan BTR unggul dari mereka, setidaknya hanya untuk MPL S5.

Berlanjut ke final upper bracket, el clasico harus terjadi duluan demi tiket grand final. Meski tidak ideal, tampaknya ini jadi el clasico terakhir di MPL Season 5. Satu pembeda kemenangan RRQ adalah pengalaman. RRQ dihuni pemain yang telah matang, dikombinasikan dengan bakat yang sedang mekar-mekarnya. Sedangkan EVOS, punya punggawa muda berbakat, tapi tekanan yang mereka rasakan di playoff bisa jadi hambatan. Itu jadi satu-satunya faktor yang bisa menumbangkan EVOS di el clasico.

Day 3 (12 April) Final LB EVOS Legends (1) vs (2) Bigetron Alpha

Laga penting untuk BTR dan EVOS. Kedua tim pernah saling mengalahkan sehingga pertarungan bakal sangat menarik. BTR harus mengangkat mental dan kembali tenang, menciptakan strategi baru yang mana jadi identitas mereka selama regular season.

Branz tak bisa jadi satu-satunya senjata untuk menjamin late game, baik Annisa atau Warlord harus membahu membagi beban late game yang jadi kelemahan BTR. EVOS dan BTR punya persentase 50:50, pemenang adalah tim yang menguasai ruang gerak lawan di awal game dan berani memulai langkah beresiko. BTR bakal melepas disiplin tinggi mereka dan bermain tanpa takut untuk game ini, mengejutkan EVOS di kakinya dan mengagalkan impian mempertahankan gelar juara.

Day 3 (12 April) Grand Final RRQ Hoshi vs Bigetron Alpha

Tak ada el clasico di final MPL S5, yang ada cuma pembuktian kalau BTR bisa membalaskan kekalahan dari sang Raja. Laga final MPL selalu diwarnai ajang kejar mengejar angka, tak berubah di momen ini. Walau BTR sukses mencuri poin, RRQ punya percaya diri kalau mereka berada setingkat di atas BTR.

RRQ Hoshi menang 3 berbanding 2 game dari BTR, menjadikan mereka juara MPL S5 dan jadi tim pertama yang mempunyai dua piala MPL.

Itulah prediksi Esports.ID untuk playoff MPL Season 5. Tentu ini sekedar perkiraan dan bisa sepenuhnya berbeda dengan kenyataan di hari H. Bagaimana prediksi Sobat Esports?