IES Ligagame

[Analisa Tim MPL S6] Pasukan RRQ Hoshi Siap Hadapi MPL S6

Rendy Lim
11/08/2020 15:48 WIB
[Analisa Tim MPL S6] Pasukan RRQ Hoshi Siap Hadapi MPL S6
Sang Raja tampak masih jadi tim yang mendominasi, akankah RRQ mampu pertahankan trofi?

Akhirnya tiba saatnya kita untuk membahas RRQ Hoshi. Jawara MPL ID Season 2 & 5 ini akan kembali bertanding di gelaran musim keenam Mobile Legends Pro League. Tak kalah dari EVOS Legends, Sang Raja juga dipersenjatai pemain-pemain terbaik yang siap untuk menghadapi level tertinggi kompetisi Mobile Legends ini. 

Setelah gagal memenangkan laga sengit melawan EVOS di MPL musim keempat hingga M1 Championship, RRQ Hoshi membalas kekalahan tersebut dengan menjuarai dua gelar di musim kelima kemarin, yakni MPL S5 dan MPL Invitational. Akankah duel EVOS dan RRQ kembali terjadi di MPL S6? Bagaimana kesiapan RRQ Hoshi untuk menghadapi musim keenam MPL ID? 

Perjalanan RRQ Hoshi di Gelaran Mobile Legends Pro League Indonesia

Sama seperti rivalnya, RRQ juga mulai merintis kiprahnya di MPL Indonesia sejak season pertama. Kala itu, RRQ merekrut roster O2 yang sudah mengantongi prestasi di MSC 2018 hingga turnamen-turnamen LAN lainnya. Komposisi roster RRQ O2 saat mengikuti MPL S1 adalah Marsha, Lemon, Tuturu, xBarierJr, Banshee, dan InstincT. Meski menjadi salah satu tim yang dijagokan untuk menjuarai MPL Season 1, RRQ O2 harus puas di peringkat 3.

Diperkuat oleh Lemon, Tuturu, Liam, AyamJago, dan AmpunOM (InstincT), RRQ melaju mulus ke babak playoff dengan menduduki peringkat 3 di regular season MPL Season 2, serta hanya mencatat 2 kekalahan. Dominasinya terus berlanjut dan menghempaskan Aerowolf serta EVOS di upper bracket.

EVOS yang berhasil memenangkan duel dengan ONIC di lower bracket kembali menantang RRQ di grand final. Tak berhasil balas dendam, Lemon cs menundukkan tim macan putih di skor 3-0, mengangkat trofi MPL pertama mereka pada musim kedua. 

Menjuarai MPL S2 meningkatkan kepercayaan diri RRQ untuk tampil baik di musim ketiga. Tim ini bahkan mendapat kerjasama dengan klub sepakbola dan bertanding menggunakan nama PSG.RRQ di MPL S3. Masih dengan komposisi roster yang sama dengan tambahan satu pemain baru yakni James Chen, performa PSG.RRQ ternyata tak sebaik musim sebelumnya.  

Penampilan yang tak maksimal sepanjang musim regular menempatkan PSG.RRQ di lower bracket playoff. Sama seperti EVOS yang ditundukkan Alter Ego, RRQ juga pulang di hari pertama babak playoff setelah kalah dari Bigetron. 

Masuk ke musim keempat dimana MPL ID menganut sistem franchise, RRQ bertanding dengan kekuatan 10 pemain yakni Lemon, Tuturu, Billy, Rave, LJ, Liam, AyamJago, Vyn, Xin, dan R7. Mereka juga kedatangan Acil yang merupakan rekan R7 di divisi DOTA 2 RRQ sebagai pelatih. Roster ini membawa RRQ Hoshi menduduki posisi runner-up baik di MPL S5 dan M1 Championship. 

Pembenahan dilakukan RRQ memasuki musim kelima MPL. Pertama mereka memangkas pemain berlebihnya yang diarahkan ke MDL, menyisahkan Tuturu, Lemon, LJ, R7, Vyn, serta Wizzking di roster RRQ Hoshi. Sementara itu, Acil juga memutuskan untuk tidak melanjutkan masa baktinya di musim tersebut. Sebagai gantinya, RRQ mendatangkan James yang sempat membela RRQ saat MPL S3

Hasil memuaskan akhirnya diraih RRQ Hoshi, dimulai dengan mengalahkan saingannya EVOS di MPL S5 dan mengangkat trofi MPL keduanya. Setelah itu, RRQ Hoshi juga menumbangkan EVOS di MPL Invitational, menjuarai kompetisi tersebut dan memperpanjang daftar kemenangan beruntunnya. 

Ditinggal Tuturu, Ini Skuad RRQ Hoshi untuk MPL S6

RRQ Hoshi harus ditinggal salah satu pemain veterannya menjelang MPL S6. Tuturu, pemain dengan julukan 'The Next Level Marksman' ini sudah setia menemani RRQ sejak season pertama MPL. Namun, faktor cedera lengan yang dialaminya membuat Tuturu lebih sering duduk di bangku cadangan. Terakhir, Tuturu tampil di MPLI saat match antara RRQ melawan EVOS. 

Selain kepergian Tuturu, RRQ Hoshi menyambut kepulangan Liam yang sempat ikut memperkuat tim ini di musim keempat MPL. Pada musim lalu, Liam dipindahkan ke RRQ Sena untuk bertanding di MDL. Akankah kepulangan Liam bisa membantu RRQ Hoshi mempertahankan gelar MPL nya? 

Berikut adalah roster RRQ Hoshi untuk MPL S6:

  • LJ
  • Vyn
  • R7
  • Lemon
  • XIN
  • Wizzking
  • Liam

Komposisi RRQ Hoshi saat ini bisa dikatakan sebagai tim paling harmonis jika dibanding tim MPL lainnya. Tanpa mendatangkan pemain baru yang perlu melakukan adaptasi, RRQ Hoshi bisa fokus untuk memperbaiki kesalahan di musim sebelumya agar tampil lebih kompak dari lawan-lawannya. 

Pemain RRQ Hoshi juga menguasai lebih dari satu role serta hero pool yang luas. Keunggulan ini bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan strategi-strategi yang berbeda di tiap pertandingan, menjadikan lawan sulit memilih counter. Berkat keunggulan-keunggulan tersebut, rasanya sulit untuk menentukan lawan sepadan RRQ Hoshi di musim ini. Kira-kira menurut Sobat Esports siapa yah yang bakal bisa bersaing ketat dengan Sang Raja? 

Rivaldi 'R7' Fatah The God Offlaner 

Bicara soal pengalaman, mayoritas pemain RRQ sudah mengantongi segudang kemampuan baik dari segi makro maupun mikro permainan. Tidak terkecuali R7, jebolan skuad DOTA 2 RRQ yang kini mengisi role offlane di divisi Mobile Legends RRQ Hoshi ini bahkan mendapat julukan offlaner ML terbaik di Indonesia. 

R7 memiliki peran besar dalam membawa RRQ Hoshi menjuarai MPL S5. Berlanjut, pemilihan hero-hero niche seperti Balmond di gelaran MPLI menunjukkan bahwa R7 punya kemampuan penguasaan hero di atas rata-rata. Kejutan seperti ini membuat lawan hampir tak mungkin mengalahkan RRQ dari segi drafting, apalagi strategi dan komunikasi, mengingat kekompakan tim ini pasti lebih superior. 

Potensi RRQ Hoshi di MPL S6

Mengantongi winrate 100% di MPL Invitational merupakan bukti bahwa RRQ Hoshi adalah tim Mobile Legends terkuat saat ini. Meski Tuturu tak balak lagi memperkuat RRQ di musim depan, Liam bisa menjadi pengganti yang pas untuk menjaga ritme bahkan meningkatkan performa permainan tim ini. Liam bahkan tak perlu bersusah payah melakukan adaptasi dari nol, karena dirinya sudah pernah bermain di RRQ Hoshi di musim sebelumnya. 

Selain itu, kekuatan RRQ Hoshi yang menciptakan meta-meta unik dari pick heronya menjadi keunggulan selanjutnya. Hal ini membuat lawan-lawan RRQ kesulitan untuk menentukan hero yang bakal di ban ataupun memilih counter. Tidak heran jika RRQ Hoshi punya kesempatan besar untuk piala MPL ketiga musim ini. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, akankah RRQ Hoshi mampu mempertahankan gelarnya?