GoPay Campaign

5 Hero Meta di MPL Season 6 Kena Nerf, Masih Layak Pakai?

Billy Rifki
31/10/2020 13:24 WIB
5 Hero Meta di MPL Season 6 Kena Nerf, Masih Layak Pakai?
Mobile Legends

Pada 25 Oktober kemarin, Mobile Legends kembali menerapkan patch baru sebagai penyesuaian meta. Berkaca dari pagelaran MPL Season 6 yang belum lama berakhir, beberapa hero meta mendapat nerf cukup signifikan.

Namun, nerf bukan berarti hero tersebut jadi jelek dan tak berguna. Buktinya, Ling yang telah dapat tamparan nerf berkali-kali tetap membawa kemenangan di MPL Season 6. Meski memang, jagoan favoritmu mungkin tak secanggih biasanya, tapi daya tarik suatu hero tak akan berubah kecuali yang di modifikasi adalah skill-skill bawaannya.

Indonesia Gaming Award

Kita lihat dulu yuk hero apa saja yang terkena nerf di update terbaru Mobile Legends:

- Ling

Assassin bermobilitas paling tinggi di Mobile Legends satu ini kembali dapat nerf. Meski yang di reduksi oleh Moonton sedikit tak nyambung. Khawatir dengan pergerakannya yang cepat saat jungling, ultimate dari Ling malah diperpanjang cooldownnya.

Hal ini tidak mempengaruhi kemampuan Ling berpindah dari jungle satu ke lainnya, pun keahliannya melakukan split push dari ujung lane ke ujung satunya. Hanya saja, pemain Ling mesti lebih waspada saat masuk dalam war, menghitung kesiapan ultimate bila tak mau ditangkap basah.

- Roger

Manusia serigala ini dapat nerf cukup signifikan pada mode serangan jarak jauh, juga kapasitas defensif dari mode serigala. Slow dari tembakan Roger berkurang dari 20% jadi 10%, sementara peningkatan fisik dan magic Roger ketika jadi hewan buas berkurang drastis dari 40-100 tinggal 20-50.

Roger tergolong sebagai hero yang cepat karena punya skill movement speed dari Hunter's Steps atau Bloodthirsty Howl, belum lagi gonta-ganti modenya cuma sebentar saja memungkinkan Roger keluar masuk pertempuran dengan mudah.

Wajar bila efek slow mendapat pengurangan sedikit karena skill ini mempermudah Roger saat poking jarak jauh ataupun meningkatkan kesempatan kill dengan mudah. Untuk resistensi terhadap serangan fisik dan magic, mendapat dua atribut itu saja Roger sudah tergolong sangat kuat untuk ukuran marksman/fighter, minimal, nerfi ini bisa membuat amukan Roger bisa dikendalikan lebih baik oleh lawan.

- Hilda

Fighter/tank favorit di rank dan MPL, kemampuannya meregenerasi di area semak, mengganggu upaya jungle musuh dengan berbagai gebukannya cukup membuat jengkel. Moonton secara spesifik ingin membuat Hilda tetap jadi tank saja dengan mengurangi kemampuan kill targetnya.

Power of Wilderness yang jadi jurus mautnya mengeliminasi musuh mendapat pengurangan damage cukup signifikan. Setiap stacknya kini hanya memberi peningkatan damage fisik 25 dari sebelumnya 50. Toh, skill ini tidak berpengaruh banyak bila Hilda jadi tank asalkan kemampuan regen dan armornya tidak diutak-atik.

- Khufra

Tank initiator mematikan yang diandalkan pada beberapa match di grand final MPL Season 6. Daya tariknya sebagai seorang penyergap memang tak hilang, namun efektifitas serangannya bakal berkurang karena base damagenya direduksi pada patch terbaru.

Namun, nerf tersembut tampaknya cuma menganggu di fase early saja karena status atribut skill tetap sama di level maksimal. Misalnya peningkatan defense magic dan fisik dari Bouncing Ball menurun dari 50% ke 30% namun di level penuh, peningkatannya tetap yakni 100%.

User Khufra harus lebih hati-hati saat melompati musuh, kalau tidak kena sasaran, ia jadi lebih mudah ditaklukan.

- Baxia

Tanker gesit ini jadi salah satu andalan di MPL Season 6, gunanya pun banyak, mulai dari membuka map, mengurangi regenerasi lawan, menyediakan crowd control yang baik dan tentunya, tebal sekeras badak.

Tak ayal, pasifnya yang menyediakan damage reduction dikurangi dari 35% jadi 25%. Namun, ketika mengeluarkan ultimate, ia mendapatkan tambahan damage reduction sebesar 140%. Jadi, tetap saja hero ini sulit dibunuh terutama di early game.

Dari semua nerf yang ia terima, kemampuan Baxia melontarkan damage dengan perisainya mendapat peningkatan 1%. Makin banyak alasan untuk menghindari terpepet oleh tanker satu ini kalau kalian tak mau disiksa perlahan.

Semua hero di atas merupakan meta di MPL Season 6. Setidaknya, beberapa tim tahu cara memaksimalkan hero tersebut dalam gameplay preferensi masing-masing. Buat sobat Esports yang kecewa karena jagoannya terkena nerf, tak perlu khawatir. Mereka tetap oke kok dan bahkan bisa lebih leluasa digunakan saat rank match karena musuh cenderung memprioritaskan ban pada hero yang di buff.

Apakah lima hero tersebut masih bagus menurut kalian?