Bukan Lagi 1-3-1, Ini Formasi Laning Paling Ideal di Meta Baru MLBB

Billy Rifki
29/09/2021 11:27 WIB
Bukan Lagi 1-3-1, Ini Formasi Laning Paling Ideal di Meta Baru MLBB
Mobile Legends

Patch baru Mobile Legends 1.6.18 membuat meta di ranah publik dan MPL berubah. Penyebabnya adalah buff yang didapatkan hero tanker dan marksman serta penambahan benefit di gold lane. Lebih jauh, selain tren hero populer yang bergeser, gaya laning di early game juga ikut berubah guna memprioritaskan farming para goldlaner.

Di meta sebelumnya, formasi laning 1-3-1 jadi format paling lazim digunakan para pemain untuk mengamankan midlane serta melindungi musuh yang ingin masuk ke arah jungle. Namun, di meta terbaru MLBB, formasi 2-1-1-1 lebih digemari karena prioritas goldlane meningkat. Apalagi, meta saat ini memberi peluang bagi hero tanky mengisi role jungle. Artinya, hero ini tak perlu banyak bantuan membabat monster hutan bahkan bisa bertahan ketika dirusuh oleh lawan.

Gold lane saat ini sangat ideal untuk diisi oleh marksman. Role ini dapat buff signifikan sehingga sayang bagi tim bila tak memilih satu marksman dalam komposisi tim mereka. Namun, hero MM beresiko ditekan musuh di early game. Dengan memberi dampingan setidaknya sampai level 4, maka proses farming dan leveling MM bisa lebih aman,

Hero MM juga tak rugi bila ditemani oleh tank/support karena biasanya mereka memakai item roam. Jadi, memiliki dua hero di lane yang sama tak akan mengurangi kecepatan farming malah meningkatkan potensi ofensif dan defensif di sidelane.

Di midlane, praktis hanya ada satu hero saja saling beradu. Kemampuan mikro dan makro dari midlaner akan diuji di meta ini. Pemilihan dan skillset hero yang digunakan sebagai midlaner akan menentukan tempo dan keunggulan tim dari early sampai mid game.

Sementara di offlane, tugas mereka belum berubah dari patch lalu. Berduel memenangkan lane satu lawan satu sekaligus menyediakan rotasi secepat mungkin sebelum lawan laningnya melakukan hal yang sama. Hanya saja, hero offlane harus lebih berhati-hati karena posisi back up mereka berada lebih jauh dari biasanya. Karena posisi support/tanker akan senantiasa bersama MM di goldlane, para pengisi offlane wajib memperhatikan gerakan di jalur tengah serta kemungkinan jungler musuh menyergap tiba-tiba.

Untuk jungler, meta saat ini menguntungkan bagi tim yang punya keunggulan snowball early game. Baik assassin ataupun jungler tank, mereka wajib aktif melakukan gank setelah mengantongi dua buff merah dan biru, Tim yang mampu menguasai lane bisa memberikan ruang bagi MM melakukan farm lebih banyak. Artinya, kekuatan team fight di late game atau perebutan objektif penting seperti Lord akan jadi lebih mudah kalau MM sudah mengantongi item-item penting.

Tentu, formasi lama 1-3-1 masih tetap bisa digunakan bila kalian ingin memakai dua fighter atau assassin di sidelane. Namun, tak ada salahnya mencoba mengikuti meta dan cari tahu sendiri apakah game kalian lebih mudah memakai formasi 2-1-1-1 atau 1-3-1.