MPL Indonesia Jadi Liga Esports Terpopuler di Dunia

Billy Rifki
04/02/2022 08:18 WIB
MPL Indonesia Jadi Liga Esports Terpopuler di Dunia
escharts.com

Turnamen dan liga esports sudah mulai berjalan reguler di tahun 2021. Setelah banyak absen akibat pandemi Covid-19, beberapa kompetisi mulai berjalan dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Antusias fans juga tak meredup menyaksikan berbagai atraksi turnamen esports berlangsung di seluruh dunia.

Mulai dari genre battle royale, MOBA, FPS, atau yang menggunakan perangkat mobile, PC dan konsol, semua menorehkan rekor viewership yang luar biasa. Mobile Legends termasuk salah satu game esports paling perform setahun kebelakangan. Menurut data escharts.com, MPL Indonesia di season 8 jadi liga esports paling populer dari liga dan sirkuit lain di seluruh dunia.

MPL Season 8 menorehkan peak viewers tertinggi yakni 2.392.579 peak viewers. Pesaing terdekatnya adalah LCK 2021 Summer atau League of Legends Champhion Korea. Liga besutan Riot ini menorehkan peak viewers sebanyak 1,3 jutaan viewer. Angka ini jadi rekor penonton mereka di turnamen tersebut.

Tak cuma menorehkan peak vierwers tertinggi, Mobile Legends khususnya MPL Season 8 Indonesia juga punya jumlah hours watched terbanyak yakni 202 jutaan jam. Ini jadi bukti betapa besarnya antusias fans Mobile Legends terutama fan base besar seperti di Indonesia.

Rekor yang diraih MPL Season 8 adalah peningkatan performa yang cukup tajam dari season 7. Tercatat ada peningkatan sebesar 112% dari total viewership dibanding tahun 2020. Ini akan jadi tantangan baru bagi MPL Indonesia apakah mereka masih bisa mempertahankan rekor tersebut atau malah melampauinya?

Sayangnya, belum ada inovasi berarti dari MPL selain menerapkan format final best of seven untuk kali pertama di MPL Season 8 serta penyelenggaraan offline. Banyak suara dari fans yang berharap akan ada penambahan tim yang bergabung dengan franchise MPL yang berjalan sejak tahun 2019 atau saat MPL Season 4.