Peluang Timnas MLBB di Grup Stage & Playoffs SEA Games Vietnam

Billy Rifki
13/05/2022 12:12 WIB
Peluang Timnas MLBB di Grup Stage & Playoffs SEA Games Vietnam
esports.id

Babak grup MLBB di SEA Games Vietnam 2021 segera dimulai. Tanggal 18 Mei jadi hari pertama fase group stage melibatkan tujuh negara yakni Malaysia, Laos, Myanmar, Filipina di grup A sementara Indonesia tergabung bersama Vietnam dan Singapura di grup B.

Di atas kertas, peluang timnas MLBB jadi pemuncak grup B sangat besar. Apalagi rekor pertemuan beberapa tim Indonesia selalu unggul melawan pesaing dari Singapura, terlebih Vietnam yang secara skena kompetitif MLBB belum seketat Indonesia.

ANALISA CALON LAWAN TIMNAS MLBB INDONESIA DI FASE GROUP

Mayoritas tim Vietnam dihuni pemain Cyber Exe. Tim yang sama cuma mampu mencapai peringkat tiga di turnamen Razer Invitational SEA 2021. Juara di kompetisi tersebut adalah HFX Esports, salah satu tim peserta pelatnas dari Indonesia. 

Di ajang lainnya seperti MSC 2021 lalu, Cyber Exe juga belum mampu mengimbangi level permainan negara top SEA seperti Indonesia dan Filipina. Sementara wakil Singapura macam EVOS SG yang jadi representasi Singapura baru sanggup finish di papan tengah di turnaman MSC 2021 dan M2. Tapi, M3 lalu jadi peningkatan prestasi signifikan karena mereka finish empat besar.

Fokus kepada gameplay sendiri dan tidak meremehkan lawan harus jadi kunci permainan timnas MLBB. Meski terkesan mendapat grup entang, namun rasa over confidence kerap jadi batu sandungan apalagi para pemain pasti merasakan tekanan dari ekspektasi publik yang besar kepada timnas MLBB.

Berkaca dari SEA Games sebelumnya, peringkat satu dari tiap grup akan berada di final upper bracket, kemudian langsung masuk ke final bila berhasil menang. Satu-satunya ancaman nyata yang sangat diwaspadai Indonesia adalah Filipina.

Sudah tiga event Filipina berhasil mengangkangi Indonesia yakni di MSC 2021, M2 dan M3. Filipina bakal diwakili Blacklist International akan menurunkan duet maut Wise-Ohmyv33nus. Namun, performa Blacklist di MPL PH S9 pasca juara M3 hancur berantakan. Tanpa kedua sosok tersebut, Blacklist tidak tampil sekonsisten biasanya.

Beda dengan skuad Indonesia yang berisi pemain-pemain matang yang masih berkompetisi setelah M3. Mereka masih merasakan lapar dan tentunya motivasi untuk membalaskan dendam yang lalu.

Walau ada Wise-Ohmyv33nus, Blacklist tidak akan diperkuat "Filipino Sniper", Oheb dan Edward. Ini artinya Blacklist tetap tampil hanya dengan setengah kekuatan terbaiknya. Faktor ini memperbesar peluang timnas Indonesia untuk mencapai final SEA Games MLBB dan mungkin juga meraih emas.

Namun pertarungan di fase grup nanti bakal menunjukan seberapa kuat calon lawan tim Garuda dan bagaimana level chemistry timnas MLBB dibawah asuhan Jamesss.