PBESI Jatim Adakan Turnamen untuk Cari Atlet Esports Muda Berbakat

Mallasak
16/05/2023 17:38 WIB
PBESI Jatim Adakan Turnamen untuk Cari Atlet Esports Muda Berbakat
"IndiHome Limitless Esport Academy (LEAD) Campus Roadshow"

Saat ini gamer bukan hanya sekedar bermain gim namun juga bisa menjadi atlet esports. Ketua Bidang Kompetensi Atlet dan Prestasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Jawa Timur Mochamad Soleh mengatakan, pihaknya tengah gencar melakukan pencarian bibit unggul muda para atlet esports di wilayah tersebut.

Menurut Soleh, pihaknya juga sudah menyiapkan strategi guna mewujudkan hal tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan penyisiran sampai ke Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

"Kami memiliki blue print pelatihan bibit muda esport Jawa Timur mulai dari tingkatan sekolah dasar, menengah, hingga mahasiswa," kata Soleh melalui keterangan resmi, Senin.

Provinsi Jawa Timur juga turut mencetak beberapa atlet muda berbakat, melalu cetak biru tersebut diharapkan kedepan terus lahir para generasi baru atlet esports asal daerah tersebut. Soleh menerangkan, karena itu para generasi muda perlu dilakukan pembimbingan agar mereka dapat menemukan minat mereka pada industri esports.

Mobile Legends: Bang Bang

Salah satu wadah pembibitan itu menurut Soleh yakni, melalui program pelatihan dan ajang esport "Mobile Legend" bertajuk "IndiHome Limitless Esport Academy (LEAD) Campus Roadshow" di Universitas 17 Agustus Surabaya.

Sementara itu, Wakil Rektor Satu Universitas 17 Agustus 1945 Harjo Saputro mengatakan, banyak kalangan muda termasuk mahasiswanya yang menaruh perhatian pada industri ini. Harjo menekankan bahwa pihaknya akan mendukung penuh suksesnya acara turnamen tersebut.

"Kami mendukung penuh dan siap berkolaborasi lebih lanjut dengan kegiatan seperti LEAD IndiHome, karena memang menunjang kegiatan tidak hanya mahasiswa kami tapi mahasiswa di Surabaya pada keseluruhan," ucap dia.

Diketahui, Kota Surabaya menjadi tujuan terakhir gelaran LEAD Campus Roadshow, setelah Jakarta, Medan, Bandung, Solo, Balikpapan, dan Makassar.

Perlu diketahui, pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja Tim Nasional Indonesia berhasil membawa pulang tiga emas dan dua perak dari cabang esports dari enam nomor pertandingan yang diikutsertakan. Sayangnya, nomor pertandingan MLBB Pria belum bisa menorehkan prestasi pada SEA Games tahun ini.