MPL ID, PBESI & Kemenpora Hadiri TikTok Southeast Asia Impact Forum 2023

Billy Rifki
17/06/2023 09:51 WIB
MPL ID, PBESI & Kemenpora Hadiri TikTok Southeast Asia Impact Forum 2023
Press release

MOONTON Games, pengembang game internasional dan penerbit judul populer MOBA Mobile Legends: Bang Bang, hadir di TikTok Southeast Asia Impact Forum untuk mempresentasikan dan berbagi inisiatif sosialnya di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2016, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) adalah salah satu arena pertempuran online multipemain (MOBA) paling populer di Asia Tenggara yang telah menginspirasi ribuan pemain untuk menjadi pembuat konten di seluruh dunia.

Mobile Legends: Bang Bang dirancang untuk membawa kegembiraan dan aksesibilitas besar bagi para gamer internasional, memungkinkan mereka untuk bertarung secara kompetitif dari berbagai daerah dan pedesaan, termasuk Indonesia. Selain hanya game, penerbit memiliki divisi esports yang menetaskan pemain untuk mengejar impian mereka menjadi atlet esports dan menerangi peluang dalam ekosistem esports internasional. MLBB Esports telah berkembang ke beberapa liga, termasuk seri MPL yang diselenggarakan di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Secara lokal, Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) dan Mobile Legends: Bang Bang Developmental League (MDL) adalah salah satu turnamen terlama untuk memberdayakan pemain dan talenta muda untuk mengejar karir yang layak di esports. Kedua liga telah menguntungkan ribuan pemain dan terdaftar sebagai salah satu turnamen esports yang paling banyak ditonton di seluruh dunia.

Di Musim 9, ID MPL mengumpulkan lebih dari 2,8 juta pemirsa puncak-bersamaan yang menjadikannya salah satu liga esports yang paling banyak ditonton. ID MPL juga telah berkontribusi pada berbagai inisiatif bakat, menciptakan peluang untuk organisasi esports pemula, dan telah memberikan kembali kepada komunitas esports melalui inisiatif CSR-nya, MOONTON Cares. Beberapa sorotan meliputi: Memupuk legenda masa depan: Bekerja sama dengan Garudaku Akademy, MOONTON Games telah meluncurkan program 'Fostering The Legends' untuk memberi manfaat bagi sekolah-sekolah di Jawa Timur.

Program ini diatur untuk memberdayakan ratusan siswa dari tujuh sekolah melalui berbagai program pendidikan untuk siswa yang tertarik memasuki industri esports - tidak hanya sebagai atlet esports, tetapi sebagai pilihan lain yang layak seperti wasit, kastor, pembuat konten, atau bahkan influencer. Trendsetting pertumbuhan esports di negara ini: MPL ID adalah salah satu liga esports paling awal yang diciptakan untuk menetaskan pertumbuhan di Indonesia, bersama dengan MDL ID yang berfungsi sebagai landasan peluncuran untuk tim amatir lokal. Liga ini juga telah membantu menempatkan Indonesia dalam peta esports internasional melalui Kejuaraan Dunia M4 yang mencetak puncak pemirsa bersamaan 4,27 juta , menjadikannya salah satu turnamen yang ditonton tertinggi di dunia. Turnamen global diselenggarakan dalam kemitraan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Breaking ground dengan peluang karir baru: Kedua liga (ID MPL dan ID MDL) telah menyediakan jalur karir yang berkelanjutan untuk esports pemula dan calon game. Kedua liga telah berkontribusi dalam menciptakan karir bagi profesional esports, pembuat konten, kastor yang telah berkembang - seperti Dlar.

Permainan dan esports menjadi lebih integral dalam kehidupan orang Indonesia, dan bangsa ini memiliki salah satu penggemar dan pemain paling bersemangat yang berusaha untuk menjadi yang terbaik. Sementara kedua liga (ID MPL dan ID MDL) beroperasi pada model yang berbeda - keduanya melayani tujuan yang sama untuk membuat esports dapat diakses dan terbuka untuk semua orang, dan untuk memelihara rasa memiliki untuk permainan terlepas dari latar belakang. Untuk informasi lebih lanjut tentang Mobile Legends: Bang Bang, silakan lihat tautan berikut di bawah ini atau unduh game di App Store dan Play Store.