Mimpi Kuliah Jalur Land of Dawn Jadi Nyata, SMA Negeri Cicalengka Jadi Bukti Nyata

Billy Rifki
16/01/2024 09:57 WIB
Mimpi Kuliah Jalur Land of Dawn Jadi Nyata, SMA Negeri Cicalengka Jadi Bukti Nyata

Liga Esports Nasional Pelajar 2023 kemarin mewujudkan mimpi anak muda dari beberapa sekolah pemenangnya untuk bisa kuliah gratis lewat jalur Land of Dawn, pemain pemain terbaik mendapatkan beasiswa di beberapa universitas ternama di Indonesia. Akademi Garudaku dan PB ESI dengan bangga mengumumkan kesuksesan Liga Esports Nasional Pelajar 2023 (LENP 2023) yang menjadi liga resmi bagi pelajar SMA, SMK, dan MA di seluruh Indonesia.

Dengan Mobile Legends sebagai game yang dipertandingkan, total hadiah senilai Rp 100.000.000 dan beasiswa pendidikan sebesar Rp 3.400.000.000 dari 11 universitas ternama di Indonesia, termasuk STMIK Indonesia Mandiri, Universitas Muhammadiyah Surakarta, hingga Binus ASO, sudah siap untuk diberikan kepada para pemenangnya LENP 2023 menarik lebih dari 1300 sekolah, dengan partisipasi 1600 tim dan 10.000 pelajar SMA/Sederajat dari seluruh penjuru Indonesia.

Dimulai pada 10 Oktober dan berakhir pada 26 November 2023, kompetisi ini melibatkan 4 gelombang kualifikasi, menghasilkan 8 tim terbaik untuk babak pra final. Di babak playoff dan Grand Final yang menggunakan sistem Double Elimination,vmenghasilkan SMA Negeri 1 Cicalengka sebagai juara 1, mengalahkan juara LENP tahun 2022, SMK Wira Harapan Bali. Selain itu SMA Negeri 1 Cicalengka, dari Cicalengka, Jawa Barat, juga mencatat prestasi dengan meraih MVP oleh Viandra Muhammad Daffa, serta menjadi Juara 2 untuk Best Decoration sekolah.

Tudi Herdana, S.Pd, M.M selaku Pembina OSIS SMA Negeri 1 Cicalengka menyatakan "Kami bangga dan mendukung siswa-siswa SMA Negeri 1 Cicalengka untuk berprestasi di esports khususnya mendapatkan prestasi sebesar Liga Esports Nasional Pelajar 2023 (LENP 2023). Selain itu, siswa-siswa sangat bertanggung jawab karena tetap bisa membagi waktu untuk belajar di sekolah dan berprestasi di esports,".

Selain itu Robertus Aditya Pratomo Putro, S.Sos., M.H., M.Ikom., C.Ht. selaku Kepala Akademi Garudaku menambahkan “Akademi Garudaku selalu berupaya dalam peningkatan kualitas dan performa bibit-bibit talenta masa depan cabang olahraga esports di Indonesia. Melalui Liga Esports Nasional Pelajar 2023, Akademi Garudaku yang bersinergi dengan Perguruan Perguruan Tinggi di Indonesia juga membukakan khasanah baru untuk menjadikan esports sebagai salah satu cabang yang dapat bersinergi dengan dunia pendidikan dan beriringan antara prestasi akademis dan non akademis, karena esports is not just a game maka dari itu jago aja ga cukup harus diiringi dengan attitude, prestasi dan kepositifan dari para insannya secara holistic. Demi memajukan esports indonesia untuk lebih positif dan edukatif,".

Dengan hasil ini diharapkan ke depannya semakin banyak sekolah sekolah yang berpartisipasi di dalam Liga Esports Nasional Pelajar, jadi makin banyak mimpi kuliah jalur Land Of Dawn yang bisa terwujud nanti di masa depan