SMK Muhammadiyah Bligo Keluar Sebagai Juara Liga Ekskul Akademi 2024

Billy Rifki
10/03/2024 22:11 WIB
SMK Muhammadiyah Bligo Keluar Sebagai Juara Liga Ekskul Akademi 2024

Liga Ekskul Akademi 2024 resmi telah usai. Liga Ekskul Akademi Garudaku sendiri sudah berlangsung dari tanggal 16 Februari 2024. Total peserta untuk tahun ini sekitar 49 sekolah dengan pemetaan yang cukup merata di pulau Jawa dan Bali. Total prize pool untuk Liga Ekskul Akademi Garudaku adalah Rp 12.000.000. SMK Muhammadiyah Bligo keluar sebagai juara di Liga Ekskul Akademi 2024. Selain berhasil meraih juara 1, SMK Muhammadiyah Bligo juga menyumbang juara lain yaitu MVP yang diraih oleh Andy Khoirudin.

Profil SMK Muhammadiyah Bligo sebagai Juara Liga Ekskul Akademi 2024

Liga Ekskul Akademi Garudaku sudah berjalan 3 tahun sejak tahun 2022. Tahun 2022 dimana gelar juara disabet oleh SMA Santo Kristoforus II Jakarta. Kemudian tahun 2023 Juara 1 diraih oleh SMK Wira Harapan Bali dan tahun 2024 Juara 1 diraih oleh SMK Muhammadiyah Bligo.

Tim yang beranggotakan Fariz Akbar, Kaisar Andreas K'K' Al Falah, Andy Khoirudin, dan M. Aditya, Reza Pahlevi Saputra ini berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Perjalanan mereka bisa dibilang lumayan mulus, berawal sebagai Juara Grup F dengan 5 kemenangan, mereka melenggang ke babak selanjutnya di Top 16 bertemu dengan tim SMK Yadika 5.

Setelah menekuk SMK Yadika 5 dengan skor 2-1, SMK Muhammadiyah Bligo seolah mendapat “Glorious Pathway” alias jalan mulus tak terhambat dengan berturut-turut mengalahkan SMP LabSchool Rawamangun, SMAN 1 Gondanglegi. Pada babak Grand Final mereka bertemu dengan SMA Wijaya Kusuma Jakarta, mereka menang 3-0 atas SMA Wijaya Kusuma Jakarta dan melibas semua dengan tanpa kehilangan 1 game pun alias sapu bersih.

Kepala Akademi GarudaKu, Robertus Aditya Pratomo Putro, S.Sos., MH., M.Ikom., C.Ht, menyatakan bahwa Liga Ekskul Akademi menjadi ajang penyesuaian bagi para siswa untuk merasakan atmosfer kompetisi layaknya liga profesional.

“Liga Ekskul Akademi telah menjadi ajang penyesuaian bagi para student athlete tingkat sekolah menengah untuk merasakan atmosfer kompetisi layaknya liga profesional. Dengan lahirnya juara-juara baru dan makin bertambahnya sekolah yang ikut berpartisipasi, diharapkan pertumbuhan positif ini dapat terus berlanjut untuk senantiasa meningkatkan level dan kualitas talenta muda binaan Akademi Garudaku. Dan tentu saja Liga Ekskul Akademi ini bisa menjadi sarana persiapan bagi para student athlete untuk dapat bersaing di tingkat nasional melalui Liga Esports Nasional Pelajar.”