Politik Esports Giring Ganesha dan Ambisi Jadi RI 1

Billy Rifki
17/08/2020 18:57 WIB
Politik Esports Giring Ganesha dan Ambisi Jadi RI 1
Esports.ID Interview

Lepas dari profesi lama vokalis band Nidji, nama Giring Ganesha kian dikenal sebagai sosok politikus dan penggiat esports tanah air. Ia jadi bagian dalam organisasi politik PSI (Partai Solidaritas Indonesia) dan turut mendirikan IESPL (Indonesia Esports Premier League).

Lewat kiprahnya sebagai presiden IESPL, ia meluaskan relasi kepada orang pemerintahan yang belum "melek" tren masa kini, memantapkan namanya jadi pionir politikus sekaligus tokoh esports yang mampu menjembatani pemerintah menghelat event-event esports.

Yamisok Nobar

Baru-baru ini, terpampang sebuah billboard yang memajang wajah Mas Giring dengan atribut partai. Pesan yang dituliskan adalah "Giring Untuk Presiden 2024". Tanda mulai kampanye untuk jadi pemimpin Indonesia ke-8 tentu masih jauh dari jadwal. Namun, banyak juga para kandidat mulai curi start agar lebih dikenal masyarakat sehingga lebih mudah mengumpulkan suara.

Untuk modal dukungan, Giring memang dekat dengan anak muda yang diyakini jadi lumbung suara terbesar di Indonesia. Ini buah dari campur tangannya di dunia esports. Ia juga akrab dengan orang-orang pemerintahan termasuk Pak Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga. Keduanya telah menghadirkan beberapa event esports besar seperti Piala Presiden dan yang terbaru, Piala Menpora Esports 2020 Axis.

Dalam sesi konferensi media Kick Off Piala Menpora Esports 2020 Axis, Giring ditanya mengenai kemungkinan ia maju jadi calon Presiden. Hanya saja, ia enggan menjawab karena forum tersebut bukan ditujukan untuk memberi keterangan mengenai isu tersebut. "Di forum ini saya belum bisa menjawab hal tersebut. Nanti ada waktu dan forum tersendiri di mana saya akan memberi keterangan lebih lengkap dan jelas" jawab Giring.

Untuk saat ini, Giring ingin fokus menjalankan Piala Menpora Esports. Meski begitu, ajang ini bukan kerjasama terakhir dari Giring dan pemerintah. Ia mengakui sudah menyiapkan acara lebih besar untuk waktu mendatang. Cuma, ia belum bisa mengungkap program yang ia maksud.

"Memang, jujur saja ada sih event-event setelah ini, cuma kita belum bisa bilang. Tapi sebelum bilang ke media, saya pasti bilang dulu ke Pak Gede (Plt Chief Technology Officer XL Axiata) dulu, Mas Wei (Senior Vice President Marketing & International Operations PT Combiphar), Mas Irfan (Senior Vice President Marketing manager Samsung Electronics Indonesia) sama Mas Aswin (Brand Director Moonton Indonesia) dulu mudah-mudahan masih mau sponsorin" canda Giring kepada para perwakilan sponsor.

Bagi para gamer, memiliki perwakilan di pemerintahan jadi angin segar agar ekosistem esports yang ada saat ini berkembang lebih baik. Sosok seperti Giring Ganesha telah menunjukan konsistensi membangun industri esports meski kiprah politiknya belum semulus yang diharapkan.

Bagaimana pendapat Sobat Esports soal Mas Giring? Apakah sebaiknya ia fokus menggembangkan esports atau mengejar karir politiknya saja?