Gantikan Pensi, SMAN 26 Gelar Kompetisi Esports Tingkat Nasional!

Basitullah
11/11/2020 16:05 WIB
Gantikan Pensi, SMAN 26 Gelar Kompetisi Esports Tingkat Nasional!

Selama masa pandemi seperti saat ini, hampir seluruh sektor dari berbagai industri terkena imbasnya, termasuk dunia pendidikan atau sekolah. Aktivitas di lingkungan sekolah nyaris berhenti total, mulai dari kegiatan belajar mengajar yang harus beralih ke online, ditiadakannya ekstrakurikuler, sampai ditundanya beberapa kegiatan tahunan sekolah seperti pentas seni dan olahraga.

Walaupun berada dalam kondisi yang tidak cukup menguntungkan, ternyata tidak melunturkan semangat siswa-siswi SMAN 26 Jakarta untuk tetap menyelenggarakan kejuaran sekolah mereka yang bertajuk "Sparctix". Sparctix merupakan event tahunan dari SMAN 26 Jakarta yang bertujuan menjadi wadah bagi para siswa-siswi dari SMAN 26 Jakarta dan sekolah lainnya, untuk mengasah minat dan bakat di berbagai bidang.

Sparctix hadir dengan beberapa kategori minat bakat, mulai dari olahraga, seni dan juga kompetisi sains. Hal yang menarik di tahun ini adalah terjalinnya kerja sama antara SMAN 26 Jakarta dengan Yamisok, sehingga melahirkan sebuah kompetisi esports untuk pelajar di tingkat SMA/SMK seluruh Indonesia dengan nama Esports Sparctix High School League Challenge.

Kompetisi esport tingkat nasional pertama yang diselenggarakan oleh siswa-siswi SMAN 26 Jakarta. "Menurut saya, acara ini menjadi sebuah ajang yang positif bagi anak-anak. Disaat kondisi pandemi yang menghentikan beberapa aktivitas seperti sekarang ini, bersyukur para siswa/siswi dari SMAN 26 Jakarta mampu memperoleh solusi di tengah ketidakmungkinan dan memanfaatkannya menjadi peluang baru yang positif," ungkap Ibu Kepala Sekolah SMAN 26 Jakarta Dra. Hj. Sri Sariwarni, M.Pd.



Event esports Sparctix mempertandingkan dua game ternama, yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan PUBG Mobile. Sparctix mempertandingkan kedua game tersebut dikarenakan dapat meningkatkan skill kerja sama tim, kekompakkan, strategi, sportivitas, disiplin, dan juga decision making.

Turnamen dijalankan secara online, dimana tahap kualifikasinya sudah dimulai sejak tanggal 31 Oktober 2020 dan grand final-nya akan diadakan pada tanggal 5 Desember mendatang. Sistem yang dipakai untuk pertandingan Mobile Legends adalah bracket single elimination, dimana yang menang di tahap kualifikasi nantinya akan berlanjut sementara yang kalah langsung gugur. Selain itu untuk pertandingan PUBG Mobile memakai sistem pembagian 80 tim menjadi 4 grup, kemudian dari masing-masing grup akan diambil 4 tim terbaik untuk bertanding di babak grand final.

Kompetisi esports Sparctix diikuti oleh 128 tim Mobile Legends dan 80 tim PUBG Mobile yang mewakili sekolahnya masing-masing dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh Tenggara, Pekanbaru, Batam, Cilegon sampai Bandung, Palangkaraya, Makassar, dan Sorowako, serta masih banyak lagi. Saat ini turnamen Mobile Legends sudah memasuki pada kualifikasi 16 besar dan turnamen PUBG Mobile sudah di tahap kualifikasi grup terakhir.

Untuk hadiah, Sparctix memiliki angka yang bukan kaleng-kaleng, dimana total prize pool mencapai 30 juta rupiah untuk kedua game yang dipertandingkan. Berikut breakdown hadiah untuk tiap game-nya:

  • Juara 1 : 7.000.000
  • Juara 2 : 4.500.000
  • Juara 3 : 2.500.000

Kerjasama antara panitia Sparctix dengan PT Yamisok Platform indonesia akan menambah wawasan dan kematangan siswa-siswi SMAN 26 Jakarta yang menjadi panitia Sparctix karena turun langsung menangani semua bagian event esports, mulai dari menjadi caster hingga public relations dan lainnya. Disisi yang lain, kerjasama ini menjadi kesempatan siswa-siswi SMAN 26 Jakarta untuk lebih mengenal industri dan ekosistem esport secara keseluruhan. PT Yamisok Platform Indonesia adalah platform esports pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 2017 dan sudah menangani ratusan event esports, dari yang terkecil sampai skala besar.

Bagi Sobat Esports yang penasaran, semua aktivitas dari esports tournament yang diadakan Sparctix dapat kamu ikuti melalui kanal YouTube Yamisok Live dan juga Sparctix 26.

Jadi, jangan sampai kelewatan acara pembukaan event esports nasional pertama yang diadakan oleh SMAN 26 Jakarta, serta keseruan kompetisi Mobile Legends dan PUBG Mobile di Esports Sparctix High School League Challenge!