Mengenal Sosok Min-Liang Tan, Mantan Pengacara Kini Jadi CEO Razer

Billy Rifki
15/12/2020 13:17 WIB
Mengenal Sosok Min-Liang Tan, Mantan Pengacara Kini Jadi CEO Razer
press release razer

Brand Razer sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia sebagai produk hardware untuk berbagai macam kebutuhan gaming. Termasuk di Indonesia, Razer terbilang salah satu barang gaming esensial paling dicari karena kualitas dan fitur-fitur keren yang mereka miliki.

Dibalik Razer, ada nama Min-Liang Tan, sosok pengusaha yang menjabat sebagai CEO dan Co-founder dari Razer sejak tahun 2005. Uniknya, Mr.Tan dulu sembunyi-sembunyi dari orangtuanya ketika membangun Razer. Yang mereka tahu, Tan hanya seorang pengacara di Singapura.

Tan memulai bisnis Razer di tahun 2005 bersama teman sepermainan Robert Krakofff, mereka biasanya menghabiskan waktu berdua di game online. Tan bersama Robert berhasil membuat highly responsive gaming mouse, darisanalah produk-produk Razer selalu mengedepankan kemampuan dan kekuatan yang lebih seperti kemampuan prosesor yang lebih handal, grafik yang lebih tajam dan audio yang mantap namun nyaman di telinga pengguna.

Itu sebabnya produk Razer tak cuma jadi kebutuhan krusial para gamer untuk memenangkan pertandingan, bahkan pengguna harian pun tak terganggu malah merasa keren memakai barang buatan Razer. Logo ikonik ular kepala tiga yang kita kenal sekarang jadi sebuah simbol dikalangan gamer, sampai ada yang membuat tato dari logo Razer sebagai bukti kecintaan mereka.

Kemampuan Tan dalam membangun bisnis membuat Razer dari yang tadinya usaha startup dua orang menjadi perusahaan multi-nasional. Ia dianugrahi dalam Fotune Magazine's "Unicorn List" 2015 sebagai wirausahawan sukses yang mengembangkan nilai perusahaannya sampai $1 Miliar USD.

Tan juga masuk diantara 25 orang pilihan Business Insider sebagai The Most Creative People in Tech di tahun 2015. Juniper Research menobatkan Tan sebagai Top 10 Most Influential Leaders in Tech. Belum selesai, Ia juga dianggap sebagai orang nomer 1 dari 30 top Southeast Asia tech Founders dari Tech in Asia. Pada tahun berikutnya, ia menyabet penghargaan Stratis Time Asians of The Year dan pada tahun 2020, Mr. Tan masuk dalam daftar top 50 Forbes orang terkaya di Singapura dengan total kekayaan sampai $650 juta USD.

Sosok berpengaruh di dunia game dan peripheral secara khusus ini akan hadir pada acara ICON 2020 pada 17 Desember 2020 mendatang. Ditemani oleh Giring Ganesha, selaku Presiden dari IESPL.

Mereka akan membicarakan soal dunia gaming dan esports dalam membentuk industri hiburan di masa kini. Bagi sobat Esports yang tertarik menyaksikan bincang-bincang penuh wawasan dari Mr. Tan dan Mas Giring, kalian bisa memesan tiket di Blibli.com/icon2020. 

Masukan kode voucher ESPORTS2020 untuk mendapatkan diskon 90% di acara ICON2020. Buruan karena kesempatan pemakaian voucher hanya sampai 18 Desember saja!