Esports

Film Dokumenter Perang Respawn & Oculus Menangkan Piala Oscar

Billy Rifki
28/04/2021 16:05 WIB
Film Dokumenter Perang Respawn & Oculus Menangkan Piala Oscar
sea.ign.com

Oculus Studio dan Respawn Entertainment belum lama mendapat pernghargaan bergengsi. Namun, bukan untuk produk atau video game terbaru karya mereka melainkan karena keduanya berkolaborasi membuat film dokumenter bertema perang di masa perang dunia kedua berjudul Colette.

Colette berangkat dari kisah nyata seorang wanita 92 tahun mantan anggota perlawanan dari Prancis yang pernah merasakan penderitaan hidup di masa kekuasaan Nazi pimpinan Hitler. Ia mengenang masa lalunya ketika saudara lelakinya dibunuh di kamp konsentrasi yang ditujukan untuk menahan tawanan politik juga para penentang rezim. Film berdurasi kurang lebih 25 menit ini begitu mengharukan dan berhasil meraih piala Oscar untuk kategori Best Documentary Short atau film dokumenter pendek terbaik.

Yamisok Nobar

Colette mengalami trauma mendalam akibat kejadian tragis selama hidupnya namun memutuskan untuk kembali pertama kalinya ke lokasi perang dunia kedua bersama mahasiswi ilmu sejarah, Lucie Fouble untuk mengisahkan kembali kenangan tersebut. Salah satu lokasi yang ia kunjungi adalah kamp konsentrasi Mittelbau-Dora tempat saudaranya dibunuh.

Respawn dan Oculus berkolaborasi untuk memproduksi bersama dokumenter ini dengan arahan dari sutradara Anthony Giacchino yang sudah berpengalaman membuat film dokumenter berkualitas. Collete bisa kalian tonton di game Medal of Honor: Above and Beyond menggunakan virtual reality di gallery mode.

Respawn Entertainment menyatakan rasa hormatnya telah berhasil menghasilkan sebuah karya yang sangat bersejarah dan menyentuh. Sang sutradara Anthony Giacchino juga turut mengapresiasi kesediaan Colette dan Lucie dalam dokumenter ini, beserta kontribusi dari Electornic Arts khususnya Respawn dan juga Oculus.

Riset buat gamenya aja seserius ini, patut ditiru nih sama pengembang-pengembang game tanah air.