Kelompok Penjual Cheat Game Terbesar Dibekuk Kepolisian China!

Rendy Lim
01/04/2021 14:01 WIB
Kelompok Penjual Cheat Game Terbesar Dibekuk Kepolisian China!
Jackpot nih buat kepolisian!

Baru-baru ini, kepolisian China baru saja menangkap salah satu kelompok penjual cheat video game terbesar di dunia. Komplotan yang bermarkas di China ini dilaporkan bisa meraup untung hingga 10.000 USD setiap harinya berkat menjual langganan cheat untuk berbagai jenis game. 

Setelah mengumpulkan cukup informasi, kepolisian China melakukan penggerebekan kepada beberapa lokasi utama, menangkap 10 tersangka penjual, hingga menutup 17 website yang digunakan untuk menjual cheat-cheat game tersebut. 

Sejak mulai beroperasi hingga berhasil ditutup pada 26 Maret 2021 kemarin, kelompok ini diperkirakan sudah meraup pendapatan hingga 764 juta USD atau sekitar 11 triliun Rupiah. Anti Cheat Police Department telah memberikan hukuman penjara bagi para penjual tersebut dan menyita aset yang bernilai sekitar 46 juta USD. Dalam operasi ini, polisi berhasil menangkap 10 tersangka dan menutup 17 website penjual cheat. 

Meski bermarkas di China, para pelaku mengaku juga menjual cheat mereka ke luar negeri. Beberapa diantara mereka bahkan memiliki mobil mahal dengan total nilai mencapai 20 juta USD. Terlebih, keuntungan yang mereka dapat dari hasil penjualan cheat lebih banyak dihabiskan di virtual currency ataupun membeli properti. 

Source: Weibo

Menurut kepolisian, ada 3 faktor utama yang membuat penangkapan ini adalah salah satu yang terbesar. Pertama karena menyangkut jumlah uang yang sangat besar, kedua adalah banyak game yang terlibat, tak hanya game dari China saja. Faktor terakhir adalah dikarenakan banyaknya peminat atau user dari cheat-cheat tersebut. 

Kesuksesan kepolisian Kushan dalam memberantas pengedar cheat game membuat Tencent serta PUBG Mobile memberikan plakat penghargaan sebagai bentuk apresiasi. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports? Pastikan kalian tidak bermain menggunakan cheat untuk menciptakan pengalaman bermain yang adil dan nyaman bagi semuanya yah!

Tonton juga yuk rangkuman berita esports selama sepekan.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!