Hans Sivano Bagikan Rahasia Mental Juara di Webinar UniPin Community

Michael
24/07/2021 10:18 WIB
Hans Sivano Bagikan Rahasia Mental Juara di Webinar UniPin Community
Membangun Mental Pemenang dengan Strategi Ketangguhan Mental 5C

Proses meraih kemenangan dalam berbagai bidang olahraga tidaklah mudah, tentu saja hal ini juga berlaku untuk cabang esports. Berbagai faktor kerap menjadi penghalang yang tentu saja dapat melemahkan mental para pemain. Melalui webinar UniPin Academy yang bertajuk, Membangun Mental Pemenang dengan Strategi Ketangguhan Mental 5C, bersama Sport & Performance Psychology Consultant, Hans Sivano pada Rabu (21/07), UniPin Community (UNITY) mengajak para pemain esports untuk mengetahui bagaimana cara melatih ketangguhan mental untuk menjadi yang terbaik.

Hans Sivano merupakan seorang Co-Founder dari SportPsych Consulting Indonesia dan telah mendapatkan sertifikasi Mental Toughness Coach & Trainer dari Amerika Serikat. Secara umum, Hans yang juga dipanggil coach Hans, telah melatih berbagai atlet professional di dunia olahraga termasuk esports, untuk bisa memiliki mental yang kuat dan terlatih dalam setiap kompetisi.

Coach Hans membagikan salah satu strategi dasar dalam melatih ketangguhan mental pemenang bagi para atlet, yaitu dengan menggunakan strategi 5C yang terdiri dari control (penguasaan diri), concentration (konsentrasi), confidence (percaya diri), capacity (kemampuan mengatasi), dan cooperation (kerjasama). Ia juga mengatakan, apabila para atlet telah menguasai dasar strategi5C mereka akan dapat menghadapi segala bentuk tantangan, jenis game, serta kompetisi dengan lebih tenang dan baik.

Salah satu tim esports Indonesia yang telah dilatih ketangguhan mentalnya oleh coach Hans beserta rekannya, coach Listy dan coach Wendy adalah Bigetron Alpha dan Red Aliens. Menurut coach Hans pelatihan pada tim esports itu tidak hanya latihan bermain game terus-terusan. Diperlukan juga bonding antar individu, karena baik di luar maupun di dalam permainan, setiap pemain merupakan satu tim. Maka dari itu, sangat penting memiliki bonding yang erat antara satu sama lain.

“Apapun game-nya, mentalnya sama, temen-temen. Jadi kalo temen-temen udah bisa nguasain satu game, dengan mental toughness yang jago, temen-temen mau main game apapun, nggak ada bedanya”, ujar coach Hans.

Di akhir, Senior Vice President UniPin Community, Debora Imanuella yang hadir sebagai moderator menambahkan, bahwa esports merupakan permainan tim, dan setiap tim pasti ingin meraih kemenangan. Maka dari itu, diperlukan pula anggota yang dapat berpikir dan bekerja sebagai satu tim yang kompak.