Lewat EVOS Card, EVOS, Mandiri & Visa Ingin Edukasi Keuangan Gamer

Billy Rifki
05/08/2021 16:56 WIB
Lewat EVOS Card, EVOS, Mandiri & Visa Ingin Edukasi Keuangan Gamer
online interview

Dalam diskusi online bertajuk “Media Discussion: Indonesia Esports Industry Outlook 2021" yang diselenggarakan oleh EVOS Esports bersama Bank Mandiri dan Visa, media diberikan gambaran mengenai kondisi terkini industri esports di Indonesia dan Asia Tenggara. Dihadiri oleh pembicara Co-Founder & Chief Marketing Officer EVOS Esports, Michael Wijaya, Ruth Ekowati Rahayu selaku Vice President Bank Mandiri dan Head of Strategy & Planning Visa Indonesia, Handikin Setiawan seraya mempromosikan hasil kolaborasi mereka membentuk EVOS Card, sebuah kartu serbaguna yang bisa digunakan untuk transaksi perbankan maupun benefit-benefit e-commerce lainnya.

Tak cuma bertujuan untuk menarik minat milenials khususnya yang fanatik dengan EVOS Esports untuk bergabung dan memiliki kartu membership EVOS, pihak Mandiri dan Visa ingin memberikan edukasi kepada gamer yang dianggap sebagai kontributor revenue terbesar di industri game di Indonesia.

Seperti dijelaskan oleh Michael Wijaya, "Indonesia merupakan negara pendorong utama pertumbuhan industri esport di Asia Tenggara. Dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara pada 2021, Indonesia berkontribusi sekitar 43% terhadap jumlah total tersebut. Selain itu Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai $ 2,08 miliar dollar AS (sekitar Rp 30 triliun rupiah) . Tingginya jumlah gamers dan jumlah pendapatan ini menjadi indikasi bahwa industri esports memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia.”

Berdasarkan dengan data yang dikeluarkan EVOS Esports, terbukti bahwa di kalangan penggemar EVOS Esports sekitar 39% dari para penggemar esports dalam kurun waktu satu bulan rata-rata melakukan pembelian dalam game sekitar 1 sampai 3 kali, dengan rata-rata pengeluaran per transaksi dibawah Rp 100.000.  Akan tetapi, terlepas dari tingginya jumlah transaksi yang terjadi. Jumlah transaksi yang dilakukan melalui kanal perbankan masih terbilang rendah dibandingkan dengan kanal lain.

Menanggapi rendahnnya transaksi melalui kanal perbankan, Ruth Ekowati Rahayu mengatakan, “Kami melihat terlepas dari tingginya jumlah transaksi yang mengindikasikan adanya transaksi rutin antara gamers dan game ada kejanggalan. Dimana di antara berbagai kanal transaksi yang tersedia, peranan Bank masih sangat rendah dibandingkan dengan kanal lainnya seperti pulsa, dan e-wallet."

"Adanya celah  tersebut yang kemudian kami identifikasi sebagai peluang, oleh karena itu Bank Mandiri bekerjasama dengan salah satu organisasi esports terbesar di Asia Tenggara EVOS dan merchant payment Visa untuk mengeluarkan kartu EVOS Esports yang berfungsi sebagai kartu tanda member dan kartu debit. Pemilihan EVOS sendiri sebagai rekanan kerjasama merupakan bentuk optimisme kami terhadap industri esports dan EVOS.”

Setali tiga uang, Handikin Setiawan berujar, “Industri esports memang merupakan industri yang dalam beberapa tahun kebelakang sedang mengalami perkembangan yang ekspansif tidak hanya di Indonesia namun juga secara global dimana lebih banyak diantara para penggemar dari esports ini."

 

"Adanya potensi dari perkembangan secara masif ini kemudian menjadi pendorong Visa untuk kemudian bekerjasama dengan brand-brand terdepan esports seperti EVOS. Selain itu kami juga melihat besarnya jumlah penggemar esports di kalangan para anak muda Gen Z dan millennial, ditambah dengan adanya kemiripan perilaku antara pecinta esports dengan olahraga konvensional dimana mereka cenderung memiliki kecintaan terhadap game, karakter, pemain, atau brand tertentu menjadikan EVOS dan esports sebagai industri yang memiliki peran yang cukup vital dalam usaha untuk menjangkau generasi masa depan."

MISI MENGEDUKASI GAMER

Melalui kerjasama membership card, EVOS dengan Visa dan Bank Mandiri berharap besarnya loyalitas dari fanbase EVOS saat ini makin besar dan dapat membantu mengembangkan peranan bank dalam dunia esports di Indonesia.

Meski begitu, benefit-benefit yang diberikan untuk pemegang kartu EVOS Card bukan ditujukan agar pemilik terus melakukan transaksi tanpa batasan saking mudahnya membeli in-game apps dan lain-lain. Melainkan, justru kartu ini membantu transparansi aktivitas transaksi pemilik sehingga pengguna mengetahui telah melakukan pembelanjaan apa saja.

Beberapa benefit yang bisa didapatkan pemilik antara lain fasilitas tarik tunai dan trasnfer setara kartu debit Mandiri Gold, mendapatkan poin Mandiri Livin' untuk ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik sesuai poin Mandiri Livin, berbagai promo e-commerce seperti voucher, bebas ongkir, cashback dan lain-lain.

Untuk mempunyai kartu membership EVOS Card, pemilik kartu debit Mandiri bisa meng-upgrade kartu mereka ke cabang-cabang bank Mandiri terdekat. Untuk saat ini, masih dibebankan biaya sebesar Rp 15.000. Untuk pendaftar baru, diwajibkan membuka rekening Mandiri terlebih dulu.

Saat ini, EVOS Card masih dalam edisi limited atau terbatas. Sudah ada 1000 orang yang merasakan mudahnya bertransaksi digital atau untuk keperluan gaming mereka dengan kartu ini. Namun, pihak EVOS, Mandiri dan Visa berencana mengeluarkan batch kedua atau gelombang kedua bila antusias dari komunitas tinggi.

Memang gamer jaman sekarang harus pintar juga mengelola keuangan mereka. EVOS card ini bukan cuma bisa membantu kamu mempermudah transaksi keuangan, tapi juga jadi simbol kecintaan kamu sebagai pendukung fanatik EVOS Esports.

EVOS Fams sih wajib punya nih!