Pokemon Unite, Pentingnya Support & Alasan Jarang Dipilih!

Rendy Lim
24/08/2021 16:29 WIB
Pokemon Unite, Pentingnya Support & Alasan Jarang Dipilih!
Kamu udah coba Pokemon Unite Sobat Esports?

Pokemon Unite, versi MOBA dari franchise Pokemon yang dikembangkan oleh Tencent ini menjadi game yang cukup dinikmati oleh para fans hingga pencinta genre MOBA. Saat ini, Pokemon Unite hanya bisa dinikmati oleh mereka yang punya konsol Nintendo Switch. Namun, ada satu masalah yang pasti pernah ditemui oleh para pemain Pokemon Unite yakni jarang dipilihnya Pokemon bertipe support di tim. 

Meski masalah ini juga sering ditemukan pada game MOBA lain pada umumnya. Kira-kira apa yang membuat para pemain Pokemon Unite jarang atau enggan memilih Pokemon dengan role support? Sebagai catatan, role support yang dimaksud dalam artikel ini adalah Pokemon dengan tag Defender atau Support. 

Saat ini jumlah terdapat total 22 Pokemon di Pokemon Unite dengan pembagian 7 Attacker, 3 Defender, 4 All-Rounder, 4 Speedster dan 4 Support. Masih sedikitnya pilihan pokemon di tag Defender dan Support menjadi salah satu alasan tidak banyak pemain yang meliriknya. 

Selain itu, pokemon-pokemon populer seperti Charizard, Zeraora, Cinderace, Gengar, Gengar, Greninja, Lucario, hingga Pikachu masuk ke tipe pokemon penyerang. Tidak jarang kalian bakal ketemu match dimana semua anggota tim semuanya akan memilih Pokemon Attacker. 

Jika kalian lihat, daftar pokemon yang masuk ke tag support atau defender bisa dikatakan kurang populer. Terdapat total 7 Pokemon dengan tag Defender atau Support, antara lain Snorlax, Mr.Mime, Blissey, Wigglytuff, Crustle, Slowbro, dan Eldegoss.

Pokemon favorit fans juga berperan penting dalam penentuan pilihan, jadinya cukup sering pemain bermain di match dengan Pokemon kesayangannya. Padahal ada banyak keuntungan jika komposisi Pokemon di tim kalian memiliki setidaknya Defender atau Support.

Pertama, Defender dilengkapi dengan skill crowd control atau stun seperti X-Scissor milik Crustle, atau Block dari Snorlax yang memudahkan kalian untuk mencetak skor ataupun memukul mundur musuh ketika berebut objective.

Kedua, Pokemon Support juga memiliki move yang memudahkan kamu melancarkan serangan, hingga melindungi bahkan bertugas sebagai healer, sebut saja move Sing dari Wigglytuff ataupun Cotton Guard milik Eldegoss. 

Memiliki Pokemon dengan role Support atau Defender di tim juga memungkinkan kalian bermain agresif di awal game. Kalian bisa gencar mencetak skor hingga memastikan menang perebutan Rotom atau Dreadnaw. Unggul di awal hingga middle game memberikan kalian keuntungan terutama di perbedaan level, sehingga mudah untuk mengalahkan Zapdos di Final Phase. 

Nah, Bagaimana Sobat Esports, kira-kira itulah keuntungan kalian jika memiliki Pokemon dengan tag Support atau Defender di tim. Kalian tipe pemain support atau attacker nih di Pokemon Unite?