Ini Alasan Indonesia Tak Ikut Serta IESF World Championship 2021!

Billy Rifki
09/09/2021 15:13 WIB
Ini Alasan Indonesia Tak Ikut Serta IESF World Championship 2021!
IESF World Championship 2021

Ajang IESF World Champhionship 2021 direncanakan kick-off tanggal 14 sampai 17 September mendatang. Event yang akan berlangsung di Eilat, Israel akan mempertemukan negara-negara pemenang di kualifikasi regional.

Sayangnya, tidak ada bendera Indonesia tercantum dalam kualifikasi untuk Asia Tenggara. Padahal Indonesia sendiri merupakan anggota IESF dan sudah berpartisipasi diberbagai ajang resmi sejak tahun 2013. Kenapa Indonesia tak ikut kualifikasi IESF 2021?


Tak ada wakil Indonesia di Kualifikasi DOTA 2 SEA IESF 2021 - source: Liquipedia

Tim Esports.ID menghubungi ketua IESPA, Eddy Lim untuk mencari konfirmasi terkait keikutsertaan Indonesia di ajang IESF WC 2021. Ternyata, ada dua masalah yang membuat Indonesia tak bisa berangkat, pertama masalah hubungan diplomatik Indonesia - Israel dan alasan lainnya adalah Pandemo Covid-19 dan berkaitan dengan pembuatan visa. 

Menurut Eddy Lim selaku Ketua Umum IESPA, tidak adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel menjadi sebab utama absennya Indonesia dalam kejuaraan dunia esports tahun ini. "kita tidak ikut karena tidak bisa. Tidak ada embassy (kedutaan) Israel di sini. Jadi kalau mau bikin Visa harus di Bangkok (Thailand). Kalau tidak ada Pandemi Covid-19 sih tidak masalah. Karena Covid-19, untuk bikin visa saja kita harus menetap dua minggu di Bangkok dan karantina sepulangnya ke Jakarta, jadi sangat memakan waktu lama."

"Dulu saat kejuaraan IESF di Jakarta, Israel juga tidak datang. Kayaknya ada beberapa negara seperti Malaysia dan Kamboja juga tidak kirim ke Israel, semuanya masalah diplomatik," lanjutnya.

Meski disayangkan, namun beberapa berita seperti Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 dan terungkapnya game yang akan dipertandingkan di ASIAN Games 2022 tentu mampu menjadi penghibur gagal tampilnya Indonesia di IESF World Championship tahun ini.

Tetap semangat atlet esports tanah air!