Event Esports Sukses Bangkitkan Pariwisata Bali & Papua

Billy Rifki
18/11/2021 16:12 WIB
Event Esports Sukses Bangkitkan Pariwisata Bali & Papua
instagram

Semenjak situasi pandemi Covid-19 berangsur turun di tahun 2021, pemerintah pusat dan daerah mulai menggalakkan kembali roda ekonomi salah satunya dengan membuka pariwisata. Agar pelancong domestik dan luar negeri tertarik, dibuatlah event-event besar di lokasi wisata seperti Bali dan Papua.

Contohnya MPL Indonesia Season 8 yang berlangsung di Sofitel Bali, Nusa Dua serta PON XX Papua di Hockey Indoor Doyo Baru, Jayapura. Kedua event ini sukses terlaksana pada bulan September dan Oktober 2021, bahkan berhasil meningkatkan pertumbuhan wisatawan sejak era pandemi.


Source: bps.bali.go.id

Dilansir dari idx_channel, wisatawan domestik yang datang ke Bali selama Oktober 2021 naik sampai 98%. Bulan ini adalah periode MPL Season 8 berlangsung. " Pertumbuhan ini menjadi capaian tertinggi selama tahun 2021" ucap General Manager PT Angkasa Pura I Ngurah Rau, Herry AY Sikado.

Dia merinci penumpang domestik yang datang dan pergi selama bulan Oktober 2021 sebanyak 464.390 orang, sedangkan di bulan September jumlahnya sebanyak 234.939 orang. Sementara untuk pertumbuhan angkutan transportasi udara di bulan Oktober, tercatat ada 3.697 pergerakan pesawat. Artinya, jumlah lalu lintas orang terbang menuju Bali naik pesat dibanding bulan sebelumnya yang hanya 2.040.

MPL Season 8 sendiri berlangsung pada akhir September sampai awal Oktober, sehingga data untuk bulan Oktober sayangnya belum dirilis oleh BPS Bali.

Senada dengan Papua yang menyelenggarakan PON XX 2020 Esports pada September 2020, Bumi Cendrawasih mengalami banyak peningkatan ekonomi di bidang pariwisata dan jasa. Misalnya, dari data BPS Provinsi Papua terkait perkembangan transportasi Papua pada bulan September 2021.


source: bps.papua.go.id

Tercatat bahwa ada kenaikan jumlah penumpang yang datang menggunakan transportasi udara sebesar 76% pada periode Januari - September 2021 dibandingkan pada Januari - September 2020. Atau bila dibandingkan dengan Agustus 2021, ada kenaikan sebesar 111,28% penumpang yang tiba di Papua pada bulan September 2021.

Sementara untuk peningkatan di penginapan di Papua, ada progress masif dari total tamu yang menginap. Pada Agustus 2021, tercatat sekitar 7000 orang menempati hotel-hotel yang tersedia di Papua. Angka tersebut meroket jadi 17.446 tamu dengan rata-rata bermukim di hotel bintang dua dan tiga.


source: bps.papua.go.id

Dari data di atas bisa disimpulkan penyelenggaraan event-event di Bali dan Papua berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi terutama sektor pariwisata dan jasa. Semoga akan ada lebih banyak event esports lain yang terselenggara untuk mendongkrak perekonomian di daerah-daerah.