Pesan Bijak Pimpinan IESPA Terkait Konten "Pargoy" OPI Esports

Billy Rifki
03/12/2021 14:12 WIB
Pesan Bijak Pimpinan IESPA Terkait Konten "Pargoy" OPI Esports
instagram

Konten "pargoy" atau jodet-joget OPI Esports memicu polemik di tengah komunitas esports. Banyak pegiat esports berpendapat unggahan seperti ini melenceng dari cita-cita mengenalkan esports sebagai olahraga kompetitif, bahkan cabang olahraga prestasi. OPI Esports sementara berpendapat konten itu adalah cara mereka memanfaatkan industri esports yang besar dan menarik banyak investasi masuk .

Untuk menengahi polemik ini, sempat ada diskusi "Esports For Everyone" yang dihadiri beberapa CEO Esports seperti David Nugroho dari OPI, Edwin Chia dari Bigetron, Pasta selaku caster senior dan sosok yang paling resah dengan polemik ini serta Ibnu Riza yang menjabat sebagai Advisory Board PB ESI sekaligus Executive Chariman IESPA memberikan sarannya untuk menyelesaikan kasus "pargoy" dan membangun industri esports lebih baik kedepannya.

Yamisok Nobar


Source: Instagram

Riza menyimpulkan apa yang ia ucapkan dalam diskusi tersebut dalam sebuah petuah bijak di Instastory-nya. "Saya dan kalian punya tanggung jawab bersama untuk membesarkan bersama esports di Indonesia dan mengarahkannya ke arah positif dan juga mengubah stigma negatif tentang esports" tulisnya.

Dalam diskusi, Riza menekankan kalau OPI punya jangkauan luas di sosial media seperti Tiktok sehingga apa yang mereka tunjukan dalam konten akan dilihat oleh banyak orang termasuk yang awam dengan esports. Oleh karena itu, tanggung jawab OPI untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tentang esports yang benar, yakni dari segi kompetitif juga lebih besar.

Riza sendiri tak melarang OPI dan tim esports lain membuat konten "pargoy" atau hal berbau entertainment  selain dari aspek kompetisi. Namun, harus ada pemisahan yang jelas antara esports sebagai olahraga dan tim esports beserta talentnya sebagai pembuat konten. Misi inilah yang terus disuarakan Riza di PB ESI dan IESPA beserta pegiat esports lainnya yang sudah meniti karir jauh sebelum esports meledak seperti saat ini.

POLEMIK KONTEN "PARGOY" OPI ESPORTS

Konten pargoy OPI Esports menimbulkan keresahan di kalangan komunitas esports. OPI seakan mengenalkan esports sebagai bentuk aktivitas joget-joget yang marak berseliweran di Tiktok. Pasta kemudian mengunggah keresahannya terkait hal ini dan menganggap konten OPI membuat stigma tentang esports melenceng.

Banyak orang awal yang akhirnya mengira kalau esports adalah joget-joget semata padahal esports adalah kompetisi dan cabang olahraga prestasi berbasis video game online. Masalah ini pun akhirnya mereda setelah dibuatkan forum diskusi "Esports for Everyone" yang dihadiri CEO OPI Esports dan sosok berpengaruh lain di dunia esports.