Reaksi Streamer Panik Saat Gempa Banten

Billy Rifki
17/01/2022 13:02 WIB
Reaksi Streamer Panik Saat Gempa Banten
youtube

Pada Jumat 14 Januari lalu, terjadi gempa bumi di wilayah Banten. Gempa terjadi sebanyak lima kali dimulai sekitar pukul 16:00 WIB yang getarannya terasa di wilayah Tangerang, Jakarta dan sekitarnya.

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter tersebut sempat membuat panik banyak orang, apalagi waktu itu masih dalam jam kerja. Tak terkecuali juga para streamer yang kebetulan sedang live stream di kanal mereka. Beberapa diantaranya seperti Emperor alias Jonathan Liandi, Topson, XINNN dan lainnya.

REAKSI PARA STREAMER SAAT GEMPA

Dalam konten YouTube Emperor, ia sedang menjajal bermain Helcurt, hero assasin yang mulai terlupakan. Sejak awal gameplay-nya sudah apes dengan gangguan dari musuh yang usil merusuh buff miliknya.

Memasuki 9 menit pertandingan, Emperor tiba-tiba tersentak merasakan rumahnya bergoyang akibat gempa. Ia pun langsung AFK meninggalkan pertandingan saking paniknya merasakan gempa.

"Gila guys, gempanya kuat banget. Sumpah! Gila ini kurang apes apa game gue, sudah retri kalah mulu, di-bully, gempa lagi ya ampun!" ucap Emperor mengekspresikan perasaannya saat itu. Seusai kondisi dirasa tenang, ia melanjutkan lagi permainan sambil berinteraksi dengan viewers yang juga masih setia menonton kontennya. Sayangnya, nasib Emperor tak berubah seusai gempa dan ia kalah mengenaskan di game tersebut.

Topson yang sedang menetap di Malaysia usai rehat dari kompetitif juga terkena dampak dari gempa. Meski tak merasakan langsung, pemain satu timnya yang kebetulan adalah Drew, pro player asal Indonesia.

Drew sontak kaget dan mem-pause pertandingan diiringi dengan rasa heran dari pemain lain termasuk Topson. Namun, baik kawan dan lawan di match itu tetap menjaga rasa adil dengan menunggu Drew kembali dengan aman.

Topson agak tergelitik karena kebetulan ada lawan yang memakai Earthshaker. Hero ini dikenal punya stun yang menggemparkan tanah seperti gempa. Ditambah dengan voice chat dari Earthshaker yang mengucapkan, "Whoa.. aftershocks".


Hal tersebut pun jadi candaan saat Drew kembali apakah ada Earthshaker yang melakukan ulti di tempat tinggal Drew.

Kejadian sama juga dialami beberapa streamer lain seperti XINNN, FDW dan Rere Bredel dalam kompilasi gempa di video berikut.



XINNN juga mengalami hal yang sama. Saat sedang livestream, tiba-tiba kursi dan webcam-nya bergoyang. Ia pun langsung berteriak panik kepada rekannya di in-game dan di apartemen.

XINNN kemudian berlari keluar menanggalkan perangkat dan headset-nya. Ia berujar kalau gempanya terasa sangat kuat, apalagi ia berada di lantai 11.

Gempa Banten tersebut juga dirasakan bertepatan dengan beberapa turnamen yang sedang berlangsung. Misalnya play-ins MDL yang berlangsung tanggal 15 Januari mempertemukan Saint Spartans melawan Impunity Imperial.

Dari rekaman webcam di gaming house Saints Spartans, terlihat para pemain yang sedang melakukan drafting tiba-tiba bingung merasakan getaran gempa. Mereka pun lalu beranjak dari tempat duduknya dan meninggalkan ruangan.

Untungnya, meski gempa Jumat lalu cukup kuat namun tak sampai menimbulkan kerusakan besar maupun korban jiwa. Semoga Indonesia tetap aman dari bencana dan kita bisa tetap beraktifitas normal seperti biasanya.

Seperti apa pengalaman gempa kalian kemarin?