Badan Investasi Arab Saudi Beli Platform Faceit & EO Esports ESL

Billy Rifki
27/01/2022 11:04 WIB
Badan Investasi Arab Saudi Beli Platform Faceit & EO Esports ESL
pcgamer

Ekspansi bisnis Arab Saudi tampaknya tak lagi berpusat hanya pada sumber daya alam seperti minyak. Baru-baru ini badan pendanaan dan investasi Arab Saudi alias Public Investment Fund Saudi Arabia dikabarkan telah membeli event organizer (EO) dan platform esports terbesar, ESL.

Bukan cuma ESL, Faceit yang kerap menyelenggarakan turnamen untuk komunitas juga diboyong oleh badan tersebut. Dikutip dari PC Gamer, keduanya dibeli dengan nilai 1,5 miliar USD atau sekitar 15 triliun Rupiah.

Kedua penggerak esports terkemuka tersebut bakal disatukan menjadi ESL Faceit Group. Fokus mereka masih sama, yakni menyelenggarakan kompetisi esports dari tingkat kasuat secara online dan offline hingga liga minor dan major untuk kelas profesional.

Akuisisi ini rencananya akan rampung pada pertengahan tahun 2022. ESL Faceit Group akan bernaung dibawah perusahaan Savvy Gaming Group yang sepenuhnya dimiliki oleh badan investasi Arab Saudi dan diawasi langsung oleh Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman.

Faceit adalah perusahaan asal Inggris yang memiliki 22 juta user dan mempertandingkan lebih dari 20 juta pertandingan tiap bulannya. Sementara ESL adalah EO esports terkemuka yang telah menyelenggarakan banyak turnamen besar. Bahkan, di Indonesia ada "mindset" yang menyebut kalau game esports hanya valid kalau sudah dipertandingkan dalam turnamen ESL.