Jadwal & Game Esports yang Dipertandingkan di FORNAS VI 2021

Michael
01/06/2022 19:48 WIB
Jadwal & Game Esports yang Dipertandingkan di FORNAS VI 2021
Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021

Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 akan digelar di Palembang, 6 – 7 Juli 2022 mendatang. Esports yang beberapa tahun belakangan popularitasnya kian meningkat akan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan dalam FORNAS tahun ini. Keberadaan IESPA di bawah KORMI (Komite Olahraha Rekreasi Masyarakat Indonesia) semakin memperkuat posisi esports sebagai olahraga rekreasi yang sangat populer di masyarakat dewasa ini.

Empat nomor akan dipertandingkan, yakni PUBG MOBILE, Mobile Legends, Pro Evolution Soccer (PES) dan Clash Royale. Meski bersifat kompetisi, FORNAS kerap dijadikan ajang mencari talenta-talenta baru untuk cabang olahraga, khususnya esports. Masing-masing provinsi pun mulai menggelar Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) yang dijalankan oleh perwakilan IESPA masing-masing provinsi.

Menurut Erlangga Putera selaku Ketua Pelaksana FORNAS VI Cabor Esports, dipilihnya empat nomor tersebut adalah berdasarkan voting seluruh stakeholder IESPA, dengan harapan nomor-nomor yang dipertandingkan nantinya dari rekreasi bisa diteruskan menjadi prestasi.  Selain empat nomor (game) di atas, akan ada beberapa game yang dieksibisikan untuk dicoba di ajang FORNAS nanti.

“Kehadiran esports dalam FORNAS tahun ini untuk mengembangkan dan memberi pentas ke masyarakat luas bahwa Esports bisa untuk semua di ranah Rekreasi ini. Pengaruhnya tentu banyak karena dari rekreasi bisa diteruskan menjadi prestasi, apalagi belom lama ini kita berhasil meraih Emas di SEAGAMES VIETNAM 2021,” ujar Erlangga.

Penyisihan sendiri mulai digelar, seperti IESPA DKI Jakarta yang menggelar FORDA akhir pekan lalu, sedangkan FORDA Jawa Tengah akan berlangsung 6 Juni mendatang. Untuk detail masing-masing provinsi, kalian bisa melihat di Garudaku.com atau mendapatkan informasi melalui perwakilan IESPA provinsi kalian.

“Harapan saya sebagai ketua pelaksana Fornas kali ini adalah kedepan nya Masyarakat luas akan Lebih tau esports seperti apa melalui Festival ini, dan Peran IESPA lah yang akan membantu mensosialisasikan Esports ke semua penjuru,” tutupnya.