Racikan PC Low Budget Untuk Main Game Esports, 60+ FPS Tanpa Lag!

Dandesignlab
22/08/2022 17:00 WIB
Racikan PC Low Budget Untuk Main Game Esports, 60+ FPS Tanpa Lag!
Unsplash

Bermain game kompetitif populer seperti VALORANT, League Of Legends, APEX Legends, DOTA 2, dan sebagainya sangatlah menyenangkan untuk dimainkan berjam-jam tanpa bosan.

Para penggemar game kompetitif pada umumnya dapat bermain sekitar lebih dari 6 jam secara solo ataupun bersama dengan rekan-rekannya (party) demi meningkatkan ranking mereka di game atau bahkan menjadi profesional.

Sayangnya, para gamer harus merogoh kocek cukup besar demi memainkan game esports PC yang membutuhkan dukungan perangkat keras mumpuni.

Namun jangan khawatir, pada artikel ini tim Esports ID akan memberikan racikan PC Gaming apik yang dapat dibeli dengan harga low budget. Penasaran apa saja? mari kita simak;

Prosesor: Ryzen 5 5600G

Mengetahui harga GPU cenderung mahal, sobat esports dapat memilih prosesor yang terintegrasi dengan kartu grafis (APU) untuk menghemat budget.

Dari sekian banyak prosesor yang tersedia di pasaran, Ryzen 5 5600G telah cukup mampu menangani beberapa game esports seperti VALORANT dan Apex Legends yang membutuhkan tenaga GPU berlebih.

Selain dapat mengangkat game berat, prosesor ini juga dibekali dengan 6 core & 12 thread dimana jumlah tersebut telah memenuhi syarat untuk dapat melakukan streaming dengan kualitas tinggi di kisaran 60 fps.

Harga prosesor ini berada di kisaran 2.5 juta Rupiah.

Motherboard: B550 (ATX/M-ATX)

Sebagai perangkat yang di ibaratkan organ utama dalam komputer, Motherboard diperlukan untuk mendukung segala pekerjaan hardware. Perangkat ini memiliki fungsi untuk memasangkan seluruh komponen komputer agar dapat berjalan dengan baik.

Maka dari itu, memilih Motherboard yang berkualitas sangat dibutuhkan agar sobat esports mendapatkan fitur komputer yang canggih.

Harga B550M yang paling murah di pasaran berada di kisaran 1.6 juta Rupiah.

RAM: 16GB

Baik penggemar game mobile maupun pc pasti sudah mengetahui komponen yang satu ini. Random Access Memory (RAM) merupakan komponen yang tidak kalah penting untuk mendukung laju kecepatan komputer agar dapat menangani beberapa kasus multi-tasking.

Di tahun 2022, kapasitas RAM yang dibutuhkan minimal adalah 16GB bertipe DDR4. Para penggemar PC gaming pada umumnya memilih RAM yang memiliki hiasan lampu RGB agar membuat tampilan mesinnya menjadi lebih keren.

Namun, harga untuk versi RGB dan non-RGB memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Maka dari itu pilihlah sesuai kebutuhan ya sobat!

Harga RAM 16GB DDR4 berada di kisaran 1 juta Rupiah.

Penyimpanan: SSD NVME M.2 Gen3 x4 250GB + HDD SATA 1TB

Penyimpanan (Storage) merupakan komponen populer lainnya yang berada pada perangkat komputer. Saat ini, kecepatan penyimpanan dapat mendukung laju pemrograman lebih cepat agar dapat membaca atau menulis data dengan lebih efisien.

Untuk mendapatkan speed maksimal, SSD bertipe NVME M.2 dapat mengubah kehidupan PC gaming sobat menjadi lebih cepat. Namun, Harddisk yang berkapasitas minimal 1GB juga diperlukan untuk menyimpan beberapa pustaka game atau file penting lainnya.

SSD NVME Gen3 x4 250GB berada di harga 500-800 ribu Rupiah, sementara Harddisk 1TB 7200RPM perlu merogoh kocek sekitar 600 ribu Rupiah.

Power Supply: 650 Watt 80+ Bronze (Input VAC 110-240V)

Penyuplai daya atau sering disapa Power Supply merupakan sebuah jantung bagi komputer gaming. Power Supply (PSU) yang baik akan membuat umur komputer menjadi lebih lama dan menghemat pemakaian listrik dirumah agar tidak boros meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, berinvestasi lebih untuk PSU sangatlah direkomendasikan demi masa depan.

Meskipun jumlah Watt yang dibutuhkan sangatlah bervariasi, namun kami merekomendasikan setidaknya 650 Watt dengan tingkat efisiensi 80+ Bronze.

Jangan lupa juga untuk memilih PSU yang memiliki Input Voltase di angka 110-240V agar komputer sobat tetap terjaga dari ketidakstabilan listrik.

Catatan: sisihkan budget setidaknya 10% dari total harga komputer yang diinginkan dengan melihat beberapa syarat yang telah kami rekomendasikan.

Hal tersebut berguna untuk keberlangsungan komputer gaming dan berjaga-jaga apabila sobat esports ingin mengupgrade salah satu komponen komputer di masa depan.

Casing: Coolermaster MasterBox TD300 Mesh

Sebagai komponen yang berguna untuk meletakkan seluruh komponen lainnya di suatu tempat yang aman, Casing juga berfungsi untuk mendukung temperatur komputer beserta mempercantik tampilan setup gaming sobat.

Membeli casing yang memiliki bonus kipas (fan) sangat direkomendasikan agar dapat menghemat biaya perakitan. Rekomendasi kami untuk casing ialah Coolermaster MasterBox TD300 Mesh berukuran Micro-ATX dengan bonus 2 fan RGB.

Perlu di ingat, casing ini hanya mendukung Motherboard tipe Micro-ATX yah sobat. Harga berada di kisaran 1 juta Rupiah.

Monitor: 24 Inch, 144hz, 1080p

Meskipun monitor dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan berada diluar harga PC, namun tidak ada salahnya untuk memilih monitor khusus esports yang memiliki fitur mumpuni.

Salah satu fitur yang paling umum dikalangan penggemar game esports, khususnya FPS, ialah monitor gaming yang memiliki Refresh Rate tinggi di kisaran 120-300Hz agar dapat menangkap gambar dengan jelas tanpa adanya lag, blur, atau screen tearing.

Dari banyaknya monitor gaming yang bagus di pasaran, kami merekomendasikan ASUS TUF Gaming VG259QR 165Hz di harga 3.5 juta Rupiah.

Nah, itulah rekomendasi racikan PC Gaming low budget yang dapat sobat pertimbangkan jika ingin bermain game esports PC.

Berdasarkan pengalaman kami, spesifikasi ini telah cukup baik untuk menangani beberapa game esports hingga game AAA. Sobat juga dapat memulai streaming di kanal pribadi jika berkeinginan menjadi streamer profesional dengan PC gaming ini.

Total harga PC gaming yang direkomendasikan berada di sekitar 8.5 juta Rupiah tanpa Monitor. Sementara dengan Monitor berada di 12 juta Rupiah.