Tak Hanya MOBA & FPS, Ini Genre Game Esports Yang Perlu Kamu Coba!

Dandesignlab
26/10/2022 12:00 WIB
Tak Hanya MOBA & FPS, Ini Genre Game Esports Yang Perlu Kamu Coba!
Twitter

Industri esports semakin luas dan besar pada era ini dimana semakin banyak tim dan pemain anyar yang bertanding di beberapa turnamen game besar seperti Mobile Legends, VALORANT, PUBG Mobile, dan Wild Rift untuk yang baru-baru ini. 

Namun sebenarnya, masih banyak beberapa judul esports lain yang dipertandingkan selain dari game bergenre MOBA & FPS yang sudah sangat umum di masyarakat.

Meski tak sepopuler dua genre tersebut, namun kami sangat merekomendasikan sobat esports memainkan beberapa genre game esports sebagai berikut;

Fighting Game

Game fighting merupakan judul atau genre esports yang cukup populer di wilayah Jepang dan Amerika. Beberapa game yang sering dimainkan di turnamen resmi antara lain ialah King Of Fighters XV, Street Fighter 5, Dead Or Alive 6, Smash Bros, Mortal Kombat X, dan Tekken 7.

Namun selain judul-judul yang populer dan eksis seperti yang disebutkan di atas, masih banyak game fighting yang menarik untuk dimainkan. Salah satunya ialah Digimon Rumble Arena yang mungkin telah akrab di kalangan generasi 90an yang memainkan game ini. 

Sebagai informasi, game fighting umumnya dimainkan 1v1 atau duel yang dapat dimainkan oleh minimal 1-2 orang. Namun dalam beberapa game fighting lain terdapat mode 2v2 atau solo rumble.

Card Game

Trading Card Game atau lumrahnya disebut game kartu mungkin cukup asing bagi mayoritas gamer Indonesia, namun bukan berarti game ini tak ada peminatnya. Pasalnya, terdapat beberapa game kartu yang populer seperti Hearthstone dan Legends of Runeterra (LoR) dari Riot Games yang menampilkan adaptasi dari game MOBA League Of Legends

Di sisi lain, game kartu lainnya yang cukup menarik untuk dimainkan Teamfight Tactics, Yu Gi Oh! Duel Links, dan Clash Royale

Sports Game

Tak dapat dipungkiri bahwa eksistensi sports game di kancah esports juga cukup besar hingga sejauh ini. Salah satu game yang bertahan di turnamen esports ialah PES atau e-Football yang kini telah digelar oleh iFeL. 

Biasanya genre game ini lebih sering berada di sepakbola seperti halnya FIFA, Rocket League, dan PES. Namun bidang olahraga lain layaknya NBA, F1, bahkan Gran Turismo yang bergenre racing pun eksis pada kancah esports.

Rhythm Game

Mungkin ini terlihat tak begitu umum, tetapi game ini nyatanya menjadi salah satu genre yang cukup memiliki turnamen di beberapa daerah, salah satunya ialah Jepang. 

Game ini memang tak banyak dimainkan, tetapi beberapa judul seperti OSU! yang populer di Rhythm game telah menjadi andalan para pro player di Jepang. 

Ada beberapa judul game Rhythm lainnya yang dapat dikompetisikan yaitu Geometry Dash, Bang Dream! Girls Band Party, dan Hatsune Miku: Project Diva.

Real Time Strategy (RTS) Game

Bisa dikatakan bahwa game satu ini mungkin menjadi hal yang cukup digemari meski tidak banyak yang memainkannya. Real Time Strategy atau yang akrab disebut RTS ini telah menjadi game esports yang menyenangkan karena mengharuskan pemain untuk berpikir dan menyiapkan taktik terbaik untuk memenangkan pertandingan. 

Selain itu, RTS juga meminta pemain untuk memiliki APM yang cepat agar mampu mengeksekusi strategi yang akan dilakukan dengan sempurna. Beberapa game RTS populer ialah Starcraft 2, Age Of Empires, dan Warcraft 3.

Kesimpulan

Esports tentunya tak hanya terpaku kedalam genre game MOBA, FPS, dan battle royale saja untuk dimainkan. masih banyak game lain yang dapat di kompetisikan dan termasuk ke dalam game esports seperti para kategori yang kami sebutkan diatas. 

Meski MOBA dan FPS memang dua genre yang tak pernah lekang termakan waktu sejak dulu hingga sekarang. Namun apa salahnya untuk mencoba beberapa judul lainnya? Yuk sobat esports cicipin game kompetitif lainnya, dijamin seru!