Edukasi Main Game Sehat, Coda Hadir di Piala Presiden Esports 2022

Billy Rifki
12/11/2022 09:00 WIB
Edukasi Main Game Sehat, Coda Hadir di Piala Presiden Esports 2022
press release

Sejak diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi pada tahun 2018 lalu, pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia terus menunjukan angka positif termasuk bagi ekonomi kreatif.

Hal ini tercermin berdasarkan data dari tim Kajian Kemenparekraf pada 2021 yang mencatat Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) dari subsektor aplikasi dan game naik 9,17 persen, dengan proyeksi (nilai) mencapai Rp31,25 triliun.

Pertumbuhan tersebut pun turut mendorong pemerintah memberikan perhatian khusus dengan memberikan kontribusi lebih besar, salah satunya melalui ajang berskala nasional yaitu Piala Presiden Esports 2022 untuk cabang olahraga esports.

Tahun ini menjadi tahun keempat perhelatan ini sejak pertama kali diadakan tahun 2019. Perhelatan ini menjadi momentum bagi atlet maupun pengembang bisnis esports untuk mengepakan sayap lebih lebar.

Coda Indonesia sebagai salah satu bagian dari ekosistem industri game, turut memberikan atensi khusus bagi perhelatan Piala Presiden Esports 2022 dengan dukungan sponsorship dan program menarik. Coda menghadirkan program cek kesehatan dan edukasi kebugaran bagi pengunjung dan atlet yang hadir dalam penyelenggaraan final Piala Presiden Esports 2022 pada tanggal 11-13 November di Istora Senayan, Jakarta.

Coda Indonesia mendukung penuh penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 khususnya bagi atlet-atlet esports untuk meraih prestasi dalam ajang ini. Tidak hanya itu, Coda Indonesia juga mengajak seluruh atlet dan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat tentang bagaimana bermain game yang sehat melalui program #MainSehatBarengCoda.

Melalui program ini, Coda Indonesia ingin menegaskan komitmen dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya aspek well-being dalam gaming, sehingga para pemain game, baik atlet profesional maupun pemain amatir lebih sadar akan kesehatan diri mereka saat bermain game,” ungkap Rurie Wuryandari, Direktur Hubungan Eksternal Coda Indonesia.

Akhir pekan ini Coda Indonesia melalui program #MainSehatBarengCoda hadir di ajang Piala Presiden Esports untuk mendorong semangat atlet yang bertanding sekaligus ingin berdialog langsung dengan para atlet esports dan penggemar game tentang berbagai keluhan kesehatan yang mereka hadapi.

Bersama dengan dr. Andi Kurniawan Sp.KO, Coda Indonesia mencermati trend yang menunjukan adanya peningkatan keluhan sakit dan cedera di antara pemain esports karena adanya kebiasaan salah postur dalam intensitas permainan yang tinggi.

“Sebagai pemain aktif game khususnya game online, penting untuk memperhatikan dan memahami kesehatan fisik serta mental. Saya menyarankan untuk setiap 30-60 menit permainan, gamers sebaiknya beristirahat minimal selama 5 menit. Lakukan peregangan pada bagian dada, lengan, telapak tangan hingga jari. Selain itu, perhatikan postur tubuh ketika bermain dan jangan lupa selalu lakukan pemanasan. Selain gerakan dan istirahat, pola hidup sehat juga tetap harus diperhatikan mulai dari olahraga hingga pola makan seimbang,” ungkap dr. Andi.

Program #MainSehatBarengCoda bertujuan untuk mengedukasi masyarakat serta mensosialisasikan cara bermain game yang sehat, seimbang, aman, dan produktif. Selain itu, masyarakat dan para atlet juga diajak memahami pentingnya kesehatan fisik dan mental dalam esports, termasuk pemulihan serta peningkatan performa para atlet esports, terutama yang mengalami cedera fisik/mata/mental melalui pendekatan holistic/multidisipliner di klinik kesehatan olahraga.

“Kami berharap melalui perhelatan Piala Presiden Esports 2022 kali ini dapat mengasah sportivitas atlet esports Indonesia dan kian memajukan cabang olahraga esports. Coda Indonesia turut mengajak seluruh pemain esports maupun masyarakat penggemar game untuk meningkatkan perhatian terhadap kesehatan fisik maupun mental saat bermain game,” tutup Rurie.