Perancis Siapkan 'Ekosistem Esports Nasional' Menuju Olimpiade Paris 2024!

faizalkamill
18/01/2023 13:00 WIB
Perancis Siapkan 'Ekosistem Esports Nasional' Menuju Olimpiade Paris 2024!
Gazette Sports

Esports semakin dikenal ranah publik seiring pertumbuhannya di seluruh dunia. Perancis yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Paris 2024 ingin membangun ekosistem esports nasional untuk memasukkan esports ke dalam event olahraga terbesar di dunia.

Nantinya ekosistem esports nasional digunakan untuk meregulasi industri yang sedang berkembang pesat ini. Ide ini disampaikan oleh Presiden Esports Perancis Désiré Koussawo dalam sebuah konferensi pers.

siecledigital

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh esports, asosiasi Esports Perancis (France Esports), serta Menteri Olahraga dan Wakil Menteri transisi digital di Paris.

Pertemuan ini bertujuan untuk menjadikan Prancis sebagai “negara esports besar”, seperti yang dideklarasikan oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron pada September 2022, dengan mengedukasi masyarakat dan institusi tentang industri esports. Hal ini diharapkan bisa memperkuat komunikasi antara perusahaan, organisasi esports, dan pemerintah.

Presiden Emmanuel Macron/The New Indian Express

Untuk membangun struktur yang efisien, pemerintah Perancis akan berkolaborasi dengan organisasi dan pengembang esports.

Atlet esports kini dapat mengajukan visa yang didedikasikan sebagai "bakat" untuk bersaing di Perancis selama beberapa tahun. Sebelumnya atlet esports hanya bisa mengajukan visa pariwisata atau visa kerja yang sering menyebabkan keterlambatan pemain yang berlaga di liga-liga resmi seperti LFL League of Legends.

Ajang esports yang akan berlangsung paralel dengan Olimpiade Paris 2024 juga diklarifikasi saat konferensi pers. Mereka akan membuat "Olympic Esports Week" dan formatnya sedang direncanakan tahun ini.

France Esports akan menjadi asosiasi yang berkolaborasi bersama pemerintah setempat untuk mewujudkan strategi ini menuju tahun 2024.