FaZe Clan Catatkan Kerugian Lebih Besar dari Tahun Sebelumnya

Mallasak
17/05/2023 19:17 WIB
FaZe Clan Catatkan Kerugian Lebih Besar dari Tahun Sebelumnya
FaZe Clan

Salah satu Organisasi esports Amerika Utara FaZe Clan telah mengumumkan kerugian mereka untuk kuartal pertama tahun 2023 yang berkahir pada 31 Maret lalu. Dalam laporan tersebut ditemukan bahwa kerugian FaZe Clan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Laporan tersebut mencatatkan total kerugian bersih sebesar FaZe Clan senilai $14,04 juta untuk kuartal pertama tahun 2023, yang berakhir pada 31 Maret. Sedangkan pada periode yang sama sebelumnya senilai $9,54 juta. Selain peningkatan kerugian, FaZe Clan juga melaporkan bahwa pendapatan dan laba kotor juga mengalami penurunan untuk kuartal pertama.

Untuk Q1 2023, pendapatan FaZe Clan mencapai $12.55m, penurunan terjadi sekitar 20% dari jumlah tahun lalu ($15.8m). Hal ini terjadi karena biaya pendapatan sebagian besar tetap sama untu kedua kuartal, dengan demikian perusahaan mengumpulkan laba kotor sebesar $469.000.

Adapun FaZe Clan mendapatkan pundi-pundi terbesar dari sponsor tetap mereka yakni senilai $6,26 juta pada Q1 2023. Kemudian diikuti juga oleh pendapatan 'konten', yang mengumpulkan lebih dari $3 juta. Pada Q1 2023, serta pendapatan esports FaZe Clan adalah $2,84 juta yang merupakan satu-satunya subbagian pendapatan yang meningkat dari Q1 2022 ($2,42 juta).

Logo FaZe Clan

Dalam siaran persnya, Chief Executive Officer FaZe Clan Lee Trink menegaskan, bahwa fokus perusahaan untuk mendorong beberapa merek sponsor dan juga dapat meningkatkan prestasi serta dapat mengelola anggaran belanja organisasi tersebut.

"Terlepas dari hambatan makro yang berdampak pada industri kami, kami mengejar berbagai peluang di AS maupun internasional yang kami yakini akan memberikan pertumbuhan dan penciptaan nilai di masa depan," kata Trink.

Dalam Pengajuan SEC, FaZe Clan mencatat berbagai faktor kunci yang akan mempengaruhi hasil keuangan organisasi saat ini dan masa depan. Termasuk memastikan organisasi menavigasi ekonomi digital yang berkembang, mempertahankan dan merekrut bakat-bakat gemilang dan mempertahankan pangsa pasar dalam ekosistem.

Efek samping dari pandemi COVID-19 serta kondisi pasar dan ekonomi secara keseluruhan juga dikaitkan sebagai faktor. Dampak dari peristiwa ini, menurut pengajuan Klan FaZe, dapat mengurangi kemampuan organisasi untuk mengakses modal, sehingga berdampak pada likuiditasnya.

Kendati demikian, FaZe Clan memastikan bahwa mereka masih memiliki sumber daya yang cukup untuk mendanai operasinya selama 12 bulan lagi sejak tanggal hasil keuangan. FaZe juga merinci bahwa organisasi tersebut memiliki sembilan sponsor penting kesepakatan aktif senilai lebih dari $500.000 - pada Q1 2023, namun jumlah tersebut sama seperti tahun lalu.

FaZe Clan telah mencatat kesuksesan kompetitif yang penting pada tahun 2023. Ini termasuk memenangkan hadiah Intel Grand Slam senilai $1 juta dari CS:GO, serta Atlanta FaZe memenangkan Call of Duty League 2023: Major 2. Organisasi ini juga diumumkan sebagai mitra global PUBG Esports.